CONTOH VISI. MISI DAN TUJUAN SEKOLAH (MADRASAH)

 

TUJUAN, VISI DAN MISI MADRASAH

 

A.       TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL DAN KELEMBAGAAN

Undang –Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Tujuan Pendidikan nasional adalah untuk mengembangkan manusia Indonesia dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan mempunyai budi pekerti yang luhur, mandiri, kepribadian yang mantap, kesehatan rohani, dan jasmani, keterampilan dan pengetahuan, dan mempunyai rasa tanggung jawab untuk bangsa dan bermasyarakat.

 


B.        VISI DAN MISI MADRASAH

Madrasah Tsanawiyah Jam'iyah Islamiyah Tanjung Pinang sebagai lembaga pendidikan dasar perlu mempertimbangkan harapan siswa, orang tua murid, dan masyarakat dalam merumuskan visi madrasahnya. Madrasah Jam'iyah Islamiyah juga diharapkan merespon perkembangan dan tantangan masa depan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, era informasi dan globalisasi yang sangat cepat.

Visi Madrasah :

Mewujudkan kualitas pendidikan yang mampu mengantarkan pesrta didik ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi serta mampu menata diri hidup bermasyarakat yang islami

dengan indikator:

1.        Terbentuk sikap dan perilaku yang baik antar warga madrasah

2.        Terlaksananya interaksi social antar warga madrasah dan masyarakat sekitar

3.        Terlaksananya pengembangan Standar Isi/Kurikulum

4.        Terpenuhinya standar pendidik dan tenaga kependidikan yang memiliki kualitas sesuai Standar Nasional Pendidikan (SNP)

5.        Terlaksananya standar proses pembelajaran secara optimal dan professional

6.        Tersedianya fasilitas pendidikan yang memadai sesuai standar pelayanan minimal (SPM)

7.        Menciptakan generasi muda yang mampu bersaing dalam bidang akademik maupun non akademik.

Misi Madrasah

Untuk mencapai visi madrasah, misi dari penyelenggaran pendidikan dan pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Jam'iyah Islamiyah sebagai berikut:

                  1.            Melaksanakan proses belajar mengajar secara profesional

                  2.            Mendorong peserta didik untuk mampu bersaing dalam kebaikan

                  3.            Memberdayakan umat dalam lingkungan pendidikan

                  4.            Mengembangkan budaya islami dalam kehidupan sehari-hari

 

C.       TUJUAN MADRASAH

Tujuan yang diharapkan dari penyelenggaraan pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Jam'iyah Islamiyah adalah:

1.        Umum

Meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian akhlak mulia serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mampu mengikuti pendidikan lebih lanjut;

2.        Khusus

a.         Memberikan layanan pendidikan yang bermuatan agama islam melalui hafalan surat-surat pada pra KBM, penataan lingkungan religious ( nuasa islami ), dan menyelenggarakan ekstra keagamaan, pramuka dan teknologi;

b.         Menyiapkan wadah yang memberikan wawasan dan keterampilan kepada siswa sebagai kemampuan life skill untuk bekal hidupnya;

c.         Mempersiapkan lulusan yang berprestasi, mampu bersaaing untuk melanjutkan pendidikan ke jengjang yang lebih tinggi;

 

D.    RENCANA STRATEGIS MADRASAH

1.         Penataan Madrasah

         Penataan madrasah meliputi kegiatan :

a.      Strategi program pengembangan KURTILAS adalah madrasah menyelenggarakan workshop yang diikuti oleh seluruh stakeholder madrasah untuk menganalisis, memusyawarahkan, sekaligus mendiskusikan langkah – langkah serta titik focus pengembangan KURTILAS;

b.     Mengembangkan kejasama dengan komite madrasah, stakeholderyang berkompetensi dalam pengembangan dan pelaksanaan kurikulum madrasah;

c.     Pengkatan standar proses, menjalin kerja sama dengan personil sekolah untuk mengembangkan metode, starategi, sistem penilaian, bahan ajar, serta sumber pembelajaran melalui peerteacing dan TK;

2.         Peningkatan Mutu Sumber Daya

         Peningkatan sumber daya meliputi kegiatan :

a.      Pengembangan peningkatan standar kelulusan, menjalin kerjasama dengan intansi terkait, partisipasi masyaraakaat untuk peningkatan dan pengembangan media , serta prasarana dan lingkungan pendidikan yang kondusip sebagai komunitas pendidikan;

b.      Pengembangan dan peningkatan kualitas kelembagaan dan manajemen: menjalin kerjasama dengan masyarakat, komite madrasah instansi terkaitdalam mengimplementasikan MBS, melengkapi administrasi madrasah, melaksanaka supervisi klinis dan nonklinis, membuat jaringan informasi akademik dan jaringan kerja / net working;

c.       Pengembangan standar pembiayaan pendidikan, menjalini kerjasama dengan penyandang dana dari berbagai sumber, berusaha mengadakan penciptaan usaha, memberdayakan potensi madrasah dan lingkungan serta membuat sistem subsidi silang;

d.      Pengembangn fasilitasi pendidikan, menjalin kerja sama dengan instansi terkait, partisipasi masyarakat untuk peningkatan dan pengembangan media, sarpras dan lingkungan pendidikan yang kondusif serta komunitas pembelajaran;

3.      Peningkatan Kualitas Profesi

Peningkatan Kualitas Profesi meliputi kegiatan :

a.      Pengembangan tenaga kependidikan dengan melaksanakan sosialisasi, pelatihan, dll untuk meningkatkan profesionalisme dan kompetensi tenaga kependidikan, melaksanakan monitoring dan evaluasi oleh Kepala Madrasah terhadap kinerja guru dan TU, serta meningkatkan kualitas tenaga kependidikan;

b.      Melaksanakan kunjungan, loka karya, workshop, seminar, inservis trining, dll. Berkoordinasi dengan lembaga ahli yang berkompetensi dalam bidangnya;

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama