IMPLEMENTASI DAN TAHAPAN PELAKSANAAN
KURIKULUM MERDEKA DI MTS JAM'IYAH ISLAMIYAH
Implementasi merupakan
bagian dari keseluruhan manajemen kurikulum yang mencakup : pengembangan
kurikulum (curriculum development),
- Implementasi
(implementation),
- Umpan balik (feedback),
evaluasi (evaluation),
- Modifikasi (modification),
dan
- Konstruksi kurikulum
(curriculum construction).
Dalam pelaksanaan kurikulum
di MTs Jam'iyah Islamiyah terdapat prinsip-prinsip yang menunjang tercapainya
implementasi kurikulum yakni :
- Perolehan kesempatan yang sama
yaitu prinsip ini mengutamakan penyediaan tempat dengan memberdayakan
semua peserta didik secara demokratis dan berkeadilan untuk memperoleh
pengetahuan, keterampilan, dan sikap.
- Berpusat pada anak yaitu adanya
upaya memandirikan peserta didik untuk belajar, bekerja sama, dan menilai
diri sendiri.
- Pendekatan dan kemitraan yaitu
seluruh pengalaman belajar dirancang secara berkesinambungan, mulai dari kelas
VII sampai dengan Kelas IX. Pendekatan yang digunakan dalam pengalaman
belajar difokuskan pada kebutuhan peserta didik yang bervariasi dan
mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu. Hal ini menuntut kemitraan dan
menjadi tanggung jawab bersama antara peserta didik, pendidik, satuan
pendidikan, dunia kerja dan industri serta orang tua dan masyarakat.
- Kesatuan dalam kebijakan dan
keberagaman dalam pelaksanaan yaitu menyesuaikan dengan standar kompetensi
disusun oleh pusat dan pelaksanaannya disesuaikan dengan kebutuhan dan
kemampuan pada MTs Jam'iyah Islamiyah.
Dalam implementasi
kurikulum di MTs Jam'iyah Islamiyah ada perencanaan kurikulum, pelaksanaan
kurikulum, dan penilaian terhadap pelaksanaan yaitu sebagai berkut:
- Tahap perencanaan yakni
menetapkan tujuan tertulis dalam visi dan misi satuan pendidikan.
- Tahap pelaksanaan yakni
menjadikan perencanaan sebagai pihak yang terlibat dalam pelaksanaan
dengan berbagai pengarahan dan motivasi agar setiap yang terlibat dapat
melaksanakan kegiatan secara optimal sesuai peran, tugas, dan tanggung
jawab masing-masing.
- Tahap evaluasi yakni merupakan
proses penilaian sesuatu berdasarkan kriteria tertentu yang akan
menghasilkan kumpulan data atau informasi yang dibutuhkan.
Selain itu ada beberapa
faktor untuk mengimplementasikan kurikulum yaitu:
- Faktor perencanaan yakni
implementasi kurikulum membutuhkan perencanaan yang baik dan jelas
mengenai bagaimana organisasi dan mekanisme implementasi.
- Faktor substansi (isi)
kurikulum yang mencakup karakteristik kurikulum seperti apakah memiliki
kejelasan, baik tujuan, pendekatan, dan atau pun tata kelolanya, realistik
dan relevan sehingga memperkuat kontekstualitas implementasinya, dan
kerangka konseptual yang mendasari pengembangan kerangka isi konseptual
bahan ajar.
- Faktor pendidik yakni ada tiga
faktor penting dari guru sebagai faktor-faktor yang membatasi implementasi
kurikulum yaitu kompetensi dan attitude, diskusi dan partisipasi dan
kualitas guru. Ketiga faktor tersebut menunjuk pada kompetensi; baik
kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian
maupun kompetensi sosial.
- Faktor iklim dan budaya sekolah
yakni inovasi-inovasi baru dapat mencakup: tema-tema yang diusung, tata
kelola, pendekatan dalam proses pembelajaran, muatan dan isi kurikulum,
dan atau sistem penilaian. Inovasi membutuhkan perubahan dalam pola pikir,
sikap, dan juga iklim serta budaya sekolah.
- Faktor peran kepala madrasah
yaitu fungsi manajerial kepala sekolah mencakup fungsi perencanaan,
pelaksanaan, monitoring, dan evaluasi, serta fungsi pengembangan.
Penyediaan dukungan
implementasi kurikulum merdeka yang diberikan oleh Kementrian Agama dan
Kemendikbud adalah bagaimana memberikan dukungan pembelajaran Implementasi
kurikulum merdeka secara mandiri dan dukungan pendataan. Implementasi kurikulum
merdeka di MTs Jam'iyah Islamiyah mendapat dukungan tersebut sehingga MTs
Jam'iyah Islamiyah berminat dalam mengimplementasi kurikulum merdeka. Pendampingan
pembelajaran untuk implementasi kurikulum merdeka juga terus kami harapkan
sehingga Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas serta aktor lain dapat mengadakan
kegiatan berbagi praktik baik implementasi kurikulum merdeka dalam bentuk
seminar maupun lokakarya secara mandiri.
Ada beberapa strategi
implementasi kurikulum merdeka di MTs Jam'iyah Islamiyah yang akan dilakukan,
yaitu:
- Strategi pertama rute adopsi
kurikulum merdeka secara bertahap, pendekatan strategi ini adalah
bagaimana memfasilitasi MTs Jam'iyah Islamiyah mengenali kesiapannya
sebagai dasar menentukan pilihan implementasi kurikulum merdeka serta
memberikan umpan balik berkala (3 bulanan) untuk memetakan kebutuhan
penyesuaian dukungan implementasi kurikulum merdeka dari pemerintah pusat
maupun pemerintah daerah.
- Strategi kedua yaitu
menyediakan Asesmen & Perangkat Ajar (High Tech), pendekatan strategi
yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang berfungsi dalam
menyediakan beragam pilihan asesmen dan perangkat ajar (buku teks, modul
ajar, contoh projek, contoh kurikulum) dalam bentuk digital yang dapat
digunakan satuan pendidikan dalam melakukan pembelajaran berdasarkan
kurikulum merdeka.
- Strategi ketiga yaitu
menyediakan Pelatihan Mandiri & Sumber Belajar Guru (High Tech),
pendekatan strategi yang juga menggunakan teknologi informasi dan
komunikasi yang berfungsi dalam melakukan pelatihan mandiri kurikulum
merdeka yang dapat diakses secara daring oleh guru dan tenaga kependidikan
untuk memudahkan adopsi kurikulum merdeka disertai sumber belajar dalam
bentuk video, podcast, atau e-book yang bisa diakses daring dan
didistribusikan melalui media penyimpanan (flashdisk).
- Strategi keempat yakni menyediakan
narasumber kurikulum merdeka (High Touch), pendekatan strategi yang
digunakan dalam menyediakan narasumber kurikulum merdeka yang telah
mengimplementasikan kurikulum merdeka. Pengimbasan bisa dilakukan
dalam bentuk webinar atau pertemuan luring yang diadakan pemerintah daerah
atau satuan pendidikan.
- Strategi yang terkahir adalah
strategi kelima yakni memfasilitasi Pengembangan Komunitas Belajar (High
Touch) yang diinisiasi Pengawas Madrasah sebagai wadah saling berbagi
praktik baik adopsi kurikulum merdeka di internal satuan pendidikan maupun
lintas satuan pendidikan.
TAHAPAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA
PADA MTs JAM'IYAH ISLAMIYAH TANJUNG PINANG
No. |
Nama Kegiatan |
Bulan |
|||||||||||
Mei 22 |
Jun 22 |
Jul 22 |
Agu 22 |
Sep 22 |
Okt 22 |
Nov 22 |
Des 22 |
Jan 23 |
Peb 23 |
Mar 23 |
Apr 23 |
||
1. |
Tahap Persiapan /
Perencanaan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. |
Tahap Pelaksanaan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. |
Tahap Evaluasi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kepala MTs Jam'iyah Islamiyah
Afrizal Hasbi, M.Pd.
Posting Komentar