KURIKULUM 2013
SILABUS MATA PELAJARAN MATEMATIKA
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/ MADRASAH TSANAWIYAH KELAS
VII
KURIKULUM 2013
Satuan
Pendidikan |
: |
SMP/MTS |
Kelas /
Semester |
: |
VII
(Tujuh)/1 (Satu) |
Kompetensi
Inti* |
|
|
Kompetensi Inti 2 |
: |
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri,
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya. |
Kompetensi Inti 3 |
: |
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata |
Kompetensi Inti 4 |
: |
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori |
Kompetensi Dasar** |
Materi Pokok*** |
Pendekatan Pembelajaran**** |
Instrumen Penilaian***** |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
070201 Menunjukkan perilaku konsisten dan teliti dalam melakukan aktivitas di rumah,
sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi pemahaman tentang operasi
hitung bilangan bulat dan pecahan |
1. Operasi
hitung bilangan bulat dan pecahan |
MENGAMATI - Mengamati peristiwa, kejadian,
fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan bilangan
bulat, seperti temperatur atau suhu berbagai benda, ketinggian pohon atau
daratan, dan sebagainya - Mengamati peristiwa, kejadian,
fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan bilangan
pecahan, seperti potongan benda/buah atau potongan dari gambar benda/buah,
dan sebagainya MENANYA - Guru dapat memotivasi siswa dengan
bertanya: misal bagaimana dulu manusia mengenal dan menggunakan bilangan?
Sejak kapan siswa menggunakan bilangan dan untuk apa? Apa perbedaan bilangan
asli, bilangan cacah - Siswa
termotivasi untuk mempertanyakan berbagai aspek bilangan, misal: adalah
bilangan terkecil? terbesar? Bagaimana cara kerja perangkat komputer
menghitung hasil operasi bilangan? Mengapa perkalian dengan nol hasilnya nol?
Adakah hasil bagi |
Tugas § Mencari informasi sejarah bilangan
dan pecahan dalam konteks sehari-hari Observasi Selama KBM: § ketelitian § rasa ingin tahu Portofolio Menilai
kemajuan belajar dalam memecahkan masalah: § pemahaman § pemodelan
atau penyusunan kalimat matematika § memilih
strategi dan menyelesaikan model § masuk akalnya
penyelesaian Tes Mengerjakan
lembar kerja berkaitan bilangan bulat dan pecahan § penjumlahan § pengurangan § perkalian § pembagian |
4x5 JP |
Buku teks matematika Kemdikbud, lingkungan. Alat peraga operasi bilangan |
Posting Komentar