CONTOH SILABUS

 

KURIKULUM 2013

SILABUS MATA PELAJARAN MATEMATIKA

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/ MADRASAH TSANAWIYAH KELAS VII

KURIKULUM 2013

 

 

Satuan Pendidikan

:

SMP/MTS

Kelas / Semester

:

VII (Tujuh)/1 (Satu)

Kompetensi Inti*

 

 

Kompetensi Inti 2

:

Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

Kompetensi Inti 3

:

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

Kompetensi Inti 4

:

Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

 

Kompetensi Dasar**

Materi Pokok***

Pendekatan  Pembelajaran****

Instrumen Penilaian*****

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

070201 Menunjukkan perilaku konsisten dan teliti  dalam melakukan aktivitas di rumah, sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi pemahaman tentang operasi hitung bilangan bulat dan pecahan

1. Operasi hitung bilangan bulat dan pecahan

MENGAMATI

-       Mengamati peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan bilangan bulat, seperti temperatur atau suhu berbagai benda, ketinggian pohon atau daratan, dan sebagainya

-       Mengamati peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan bilangan pecahan, seperti potongan benda/buah atau potongan dari gambar benda/buah, dan sebagainya

 

MENANYA

-       Guru dapat memotivasi siswa dengan bertanya: misal bagaimana dulu manusia mengenal dan menggunakan bilangan? Sejak kapan siswa menggunakan bilangan dan untuk apa? Apa perbedaan bilangan asli, bilangan cacah

-       Siswa termotivasi untuk mempertanyakan berbagai aspek bilangan, misal: adalah bilangan terkecil? terbesar? Bagaimana cara kerja perangkat komputer menghitung hasil operasi bilangan? Mengapa perkalian dengan nol hasilnya nol? Adakah hasil bagi

Tugas

§ Mencari informasi sejarah bilangan dan pecahan dalam konteks sehari-hari

 

Observasi

Selama KBM:

§ ketelitian

§ rasa ingin tahu

 

Portofolio

Menilai kemajuan belajar dalam memecahkan masalah:

§ pemahaman

§ pemodelan atau penyusunan kalimat matematika

§ memilih strategi dan menyelesaikan model

§ masuk akalnya penyelesaian

 

Tes

Mengerjakan lembar kerja berkaitan bilangan bulat dan pecahan

§ penjumlahan

§ pengurangan

§ perkalian

§ pembagian

                 

4x5 JP

Buku teks matematika Kemdikbud, lingkungan.

Alat peraga operasi bilangan






Post a Comment

Lebih baru Lebih lama