LEMBAR PENGESAHAN, LEMBAR VALIDASI, KATA PENGANTAR DAN DAFTAR ISI DOKUMEN 1

 


Y.P. MADRASAH JAM’IYAH ISLAMIYAH

MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)

AKREDITASI : B

Jln. Raya Tanjung Pinang Kec. Tanjung Batu Kab. Ogan Ilir SUM-SEL Kode Pos 30664

 


PENGESAHAN

 

Berdasarkan hasil telaah dan kajian Tim Pengembang Kurikulum Madrasah Tsanawiyah Jam'iyah Islamiyah, dengan memperhatikan pertimbangan dari Komite Madrasah dan rekomendasi Pengawas Madrasah maka dengan ini Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Madrasah Jam'iyah Islamiyah disahkan dan dinyatakan berlaku pada Tahun Pelajaran 2020/2021, selanjutnya pada akhir tahun pelajaran akan dievaluasi keterlaksanaan dan ketercapaiannya sebagai acuan pengembangan kurikulum pada tahun pelajaran berikutnya.

 

 

Tanjung Pinang, 15 Juli 2020

Ketua Komite,                                                           Kepala Madrasah,

 



 



Sarpani                                                                     Afrizal Hasbi, M.Pd.

 

 

Mengetahui

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kab. Ogan Ilir

 

  

 

Periyanto, S.Pd.I.

 NIP. 196809252006041001

 


 

 

REKOMENDASI PENGESAHAN

KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)

MTs JAM'IYAH ISLAMIYAH

 

 

Setelah dilakukan validasi dengan instrumen validasi yang telah disesuaikan dengan regulasi yang berlaku, maka Rancangan KTSP :

Madrasah                  :    MTs Jam'iyah Islamiyah

Alamat                      :    Jl. Merdeka No. 28 Desa Tanjung Pinang

                                      Kecamatan Tanjung Batu Kab. Ogan Ilir Sum-Sel

Tahun Pelajaran        :    2020/2021

dapat direkomendasikan untuk mendapat pengesahan sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan pada madrasah tersebut pada Tahun Pelajaran 2020/2021 sesuai dengan ketentuan peraturan perudangan yang berlaku.

 

Tanjung Pinang, 15 Juli 2020

Pengawas,

 

 

 

Drs. Husnil Fuadi, M.M.

NIP. 19671006199501001

 


 

LEMBAR VALIDASI PENGAWAS

KTSP TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

NO

KOMPONEN KTSP/INDIKATOR

PENILAIAN

YA

TDK

 

Halaman Sampul

 

 

 

Halaman Pengesahan

 

 

 

Halaman Rekomendasi dan Validasi

 

 

 

Kata Pengantar

 

 

 

Daftar Isi

 

 

A

PENDAHULUAN

 

 

 

1.   Latar Belakang : Rasional pengembangan kurikulum

 

 

 

2.   Tujuan

 

 

B

KARAKTERISTIK MADRASAH

 

 

 

1.   Profil Madrasah

 

 

 

2.   Analisis konteks

 

 

C

VISI, MISI, TUJUAN DAN PROGRAM PRIORITAS / KEUNGGULAN

 

 

 

1.   Visi

 

 

 

2.   Misi

 

 

 

3.   Tujuan

 

 

 

4.   Program Prioritas / Keunggulan

 

 

D

STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM

 

 

 

1.   Struktur Kurikulum

 

 

 

2.

Muatan Kurikulum

 

 

 

 

a. Muatan Nasional

 

 

 

 

b. Muatan Lokal

 

 

 

 

c. Pengembangan Diri

 

 

 

 

d. Pengaturan Beban Belajar

 

 

 

 

e. Ketuntasan Belajar

 

 

 

 

f. Kenaikan Kelas

 

 

 

 

g. Kelulusan

 

 

 

 

h. Mutasi Peserta Didik

 

 

 

 

i. Penguatan Pendidikan Karakter

 

 

 

 

j. Strategi Pembelajaran dan Penilaian

 

 

E

KALENDER PENDIDIKAN

 

 

 

Lampiran-lampiran

 

 

 

 

SK Tim Pengembang Kurikulum Madrasah

 

 

 

 

SK Kriteria Ketuntasan Minimal

 

 

 

 

SK Kriteria Kenaikan Kelas

 

 

 

 

Lampiran lain yang relevan

 

 

 

Tanjung Pinang, 15 Juli 2020

Pengawas,

 

Drs. Husnil Fuadi, M.M.

NIP. 19671006199501001

 

KATA PENGANTAR

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Bismillahirrahmanirrahim,

Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, atas bimbingan taufik dan hidayah-Nya, Tim Pengembang Kurikulum MTs Jam'iyah Islamiyah  tahun Pelajaran 2020-2021 dapat menyelesaikan penyusunan dan pengembangan kurikulum ini untuk digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan dan menentukan berbagai kebijakan proses kegiatan belajar mengajar, agar terencana, terarah, terprogram dan tepat tujuan yang akan dicapai khususnya dalam mengantarkan peserta didik menjadi insan kamil sebagai bekal hidup dan bekal membangun negeri tercinta Indonesia.

 

Dalam penyusunan Dokumen I Kurikulum 2013 MTs Jam'iyah Islamiyah Tahun pelajaran 2020-2021 Kabupaten Ogan Ilir Propinsi Sumatera Selatan ini, kami berupaya semaksimal mungkin untuk menyajikan konsep, perangkat, serta strategi yang ideal, namun kami pun menyadari sepenuhnya karena berbagai keterbatasan yang ada pada kami dengan mempertimbangkan kekuatan, kelemahan, potensi dan tantangan yang ada, sehingga kurikulum yang kami susun ini masih perlu penyempurnaan sesuai dengan perkembangan dan peraturan yang berlaku.

 

Semoga kurikulum yang telah kami susun ini dapat dijadikan landasan dan pedoman bagi peningkatan mutu lembaga, mutu peserta didik dan mutu para pendidik, sehingga harapan yang ingin dicapai menuju MTs Jam'iyah Islamiyah  yang unggul, berdaya guna dan berhasil guna dalam menunjang pencapaian standar kompetensi lulusan, standar isi dan standar proses pendidikan yang dilaksanakan di madrasah kami.

 

Kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan serta bimbingan demi terselesaikannya Dokumen I Kurikulum 2013 MTs Jam'iyah Islamiyah Tahun Pelajaran 2020-2021  ini, kami ucapkan terima kasih. Hanya kepada Allah lah kita memohon petunjuk dan pertolongan.

 

Tanjung Pinang, 15 Juli 2020

Kepala Madrasah,

 

 

 

 

Afrizal Hasbi, M.Pd.

 

 

DAFTAR ISI

 

LEMBAR PENGESAHAN ................................................................................................ i

LEMBAR REKOMENDASI............................................................................................. ii

LEMBAR VALIDASI........................................................................................................ iii

KATA PENGANTAR ...................................................................................................... iv

DAFTAR ISI ....................................................................................................................... v

 

BAB I. PENDAHULUAN................................................................................................... 1

A.    Latar Belakang........................................................................................................... 1

B.     Landasan Hukum....................................................................................................... 4

C.     Tujuan Penyusunan KTSP.......................................................................................... 6

D.    Prinsip Penyusunan KTSP.......................................................................................... 6

E.     Acuan Operasional KTSP.......................................................................................... 8

F.      Profil Madrasah........................................................................................................ 10

 

BAB II.  TUJUAN, VISI DAN MISI MADRASAH...................................................... 13

A.    Tujuan Pendidikan Nasional dan Kelembagaan....................................................... 13

B.     Visi dan Misi Madrasah........................................................................................... 13

C.     Tujuan Madrasah...................................................................................................... 13

D.    Rencana Strategis Madrasah.................................................................................... 14

 

BAB III. STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM.............................................. 15

A.    Kerangka Dasar Kurikulum...................................................................................... 15

1.      Landasan Filosofis............................................................................................. 15

2.      Landasan Sosiologis........................................................................................... 16

3.      Landasan Psikopedagogis.................................................................................. 16

4.      Landasan Teoritis............................................................................................... 16

5.      Landasan Yuridis............................................................................................... 17

B.    Struktur Kurikulum.................................................................................................. 17

1.      Standar Isi.......................................................................................................... 17

2.      Struktur Kurikulum MTs Jam'iyah Islamiyah..................................................... 18

C.   Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.................................................................. 21

D.   Muatan Kurikulum................................................................................................. 152

1.      Mata Pelajaran.................................................................................................. 152

2.      Muatan Lokal................................................................................................... 152

E.    Kriteria Ketuntasan Minimum................................................................................ 154

1.         Program Remedial dan Pengayaan.................................................................. 156

2.         Kriteria Kenaikan Kelas dan Kelulusan.......................................................... 157

3.         Pendidikan Kecakapan Hidup........................................................................ 157

4.         Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global...................................... 158

 

BAB IV. PENGATURAN BEBAN BELAJAR........................................................... 159

 

BAB V.  KALENDER PENDIDIKAN MADRASAH................................................ 160

A.    Permulaan Tahun Pelajaran.................................................................................... 160

B.     Minggu Efektif Belajar.......................................................................................... 160

C.     Pengaturan Waktu Belajar Efektif......................................................................... 161

D.    Pengaturan Waktu Libur........................................................................................ 162

E.     Rencana Kegiatan MTs Jam'iyah Islamiyah........................................................... 163

F.      Kalender Pendidikan MTs Jam'iyah Islamiyah...................................................... 163

 

BAB VI.  PENUTUP....................................................................................................... 167

A.    Harapan.................................................................................................................. 167

B.     Permasalahan.......................................................................................................... 167

C.     Solusi...................................................................................................................... 167

D.    Rencana Tindak Lanjut.......................................................................................... 167

 

LAMPIRAN

Ø  Lampiran 1 : SK Tim Pengembang Kurikulum

Ø  Lampiran 2 : SK Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM)

Ø  Lampiran 3 : SK Pembagian Tugas

Ø  Lampiran 4 : Daftar Tenaga Pendidik MTs Jam'iyah Islamiyah

Ø  Lampiran 5 : Struktur Organisasi MTs Jam'iyah Islamiyah

Ø  Lampiran 5 : Contoh Silabus

Ø  Lampiran 6 : Contoh RPP



Link download file doc:

 https://docs.google.com/document/d/1OrzbiMdX23GD51CIQzmv3pNMBHdc0MLr/edit?usp=sharing&ouid=106280876759297173833&rtpof=true&sd=true

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama