Y.P. MADRASAH JAM’IYAH ISLAMIYAH
MADRASAH
TSANAWIYAH (MTs)
AKREDITASI : B
Jln. Raya Tanjung Pinang Kec. Tanjung Batu Kab. Ogan Ilir SUM-SEL Kode Pos 30664
PENGESAHAN
Berdasarkan hasil telaah
dan kajian Tim Pengembang Kurikulum Madrasah Tsanawiyah Jam'iyah Islamiyah,
dengan memperhatikan pertimbangan dari Komite Madrasah dan rekomendasi Pengawas
Madrasah maka dengan ini Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Madrasah
Jam'iyah Islamiyah disahkan dan dinyatakan berlaku pada Tahun Pelajaran 2020/2021,
selanjutnya pada akhir tahun pelajaran akan dievaluasi keterlaksanaan dan
ketercapaiannya sebagai acuan pengembangan kurikulum pada tahun pelajaran
berikutnya.
Tanjung Pinang, 15 Juli 2020
Ketua Komite,
Kepala Madrasah,
Sarpani
Afrizal Hasbi, M.Pd.
Mengetahui
Kepala Seksi Pendidikan Madrasah
Kab. Ogan Ilir
Periyanto, S.Pd.I.
NIP. 196809252006041001
REKOMENDASI PENGESAHAN
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
MTs JAM'IYAH ISLAMIYAH
Setelah dilakukan validasi dengan instrumen validasi yang telah disesuaikan dengan regulasi yang berlaku, maka Rancangan KTSP :
Madrasah : MTs Jam'iyah Islamiyah
Alamat : Jl. Merdeka No. 28 Desa Tanjung Pinang
Kecamatan
Tanjung Batu Kab. Ogan Ilir Sum-Sel
Tahun Pelajaran : 2020/2021
dapat
direkomendasikan untuk mendapat pengesahan sebagai pedoman penyelenggaraan
pendidikan pada madrasah tersebut pada Tahun Pelajaran 2020/2021 sesuai dengan
ketentuan peraturan perudangan yang berlaku.
Tanjung Pinang, 15 Juli 2020
Pengawas,
Drs. Husnil Fuadi, M.M.
NIP. 19671006199501001
LEMBAR VALIDASI PENGAWAS
KTSP TAHUN PELAJARAN 2020/2021
NO |
KOMPONEN KTSP/INDIKATOR |
PENILAIAN |
||
YA |
TDK |
|||
|
Halaman Sampul |
|
|
|
|
Halaman Pengesahan |
|
|
|
|
Halaman Rekomendasi dan Validasi |
|
|
|
|
Kata Pengantar |
|
|
|
|
Daftar Isi |
|
|
|
A |
PENDAHULUAN |
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
||
B |
KARAKTERISTIK
MADRASAH |
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
||
C |
VISI,
MISI, TUJUAN DAN PROGRAM PRIORITAS / KEUNGGULAN |
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
||
|
|
|
||
|
4. Program Prioritas / Keunggulan |
|
|
|
D |
STRUKTUR
DAN MUATAN KURIKULUM |
|
|
|
|
|
|
||
|
2. |
Muatan Kurikulum |
|
|
|
|
a. Muatan Nasional |
|
|
|
|
b. Muatan Lokal |
|
|
|
|
c. Pengembangan Diri |
|
|
|
|
d. Pengaturan Beban Belajar |
|
|
|
|
e. Ketuntasan Belajar |
|
|
|
|
f. Kenaikan Kelas |
|
|
|
|
g. Kelulusan |
|
|
|
|
h. Mutasi Peserta Didik |
|
|
|
|
i. Penguatan Pendidikan Karakter |
|
|
|
|
j. Strategi Pembelajaran dan Penilaian |
|
|
E |
KALENDER
PENDIDIKAN |
|
|
|
|
Lampiran-lampiran
|
|
|
|
|
|
SK Tim Pengembang Kurikulum Madrasah |
|
|
|
|
SK Kriteria Ketuntasan Minimal |
|
|
|
|
SK Kriteria Kenaikan Kelas |
|
|
|
|
Lampiran lain yang relevan |
|
|
Tanjung Pinang, 15 Juli 2020
Pengawas,
Drs. Husnil Fuadi, M.M.
NIP. 19671006199501001
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Bismillahirrahmanirrahim,
Dengan memanjatkan puji
syukur kehadirat Allah SWT, atas bimbingan taufik dan hidayah-Nya, Tim
Pengembang Kurikulum MTs Jam'iyah Islamiyah tahun Pelajaran 2020-2021
dapat menyelesaikan penyusunan dan pengembangan kurikulum ini untuk digunakan
sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan dan menentukan berbagai kebijakan proses
kegiatan belajar mengajar, agar terencana, terarah, terprogram dan tepat tujuan
yang akan dicapai khususnya dalam mengantarkan peserta didik menjadi insan
kamil sebagai bekal hidup dan bekal membangun negeri tercinta Indonesia.
Dalam penyusunan Dokumen I
Kurikulum 2013 MTs Jam'iyah Islamiyah Tahun pelajaran 2020-2021 Kabupaten Ogan
Ilir Propinsi Sumatera Selatan ini, kami berupaya semaksimal mungkin untuk
menyajikan konsep, perangkat, serta strategi yang ideal, namun kami pun
menyadari sepenuhnya karena berbagai keterbatasan yang ada pada kami dengan
mempertimbangkan kekuatan, kelemahan, potensi dan tantangan yang ada, sehingga
kurikulum yang kami susun ini masih perlu penyempurnaan sesuai dengan
perkembangan dan peraturan yang berlaku.
Semoga kurikulum yang telah
kami susun ini dapat dijadikan landasan dan pedoman bagi peningkatan mutu
lembaga, mutu peserta didik dan mutu para pendidik, sehingga harapan yang ingin
dicapai menuju MTs Jam'iyah Islamiyah yang unggul, berdaya guna dan
berhasil guna dalam menunjang pencapaian standar kompetensi lulusan, standar
isi dan standar proses pendidikan yang dilaksanakan di madrasah kami.
Kepada semua pihak yang
telah memberikan bantuan serta bimbingan demi terselesaikannya Dokumen I
Kurikulum 2013 MTs Jam'iyah Islamiyah Tahun Pelajaran 2020-2021 ini, kami
ucapkan terima kasih. Hanya kepada Allah lah kita memohon petunjuk dan
pertolongan.
Tanjung Pinang, 15 Juli 2020
Kepala Madrasah,
Afrizal Hasbi, M.Pd.
DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN ................................................................................................ i
LEMBAR REKOMENDASI............................................................................................. ii
LEMBAR VALIDASI........................................................................................................ iii
KATA PENGANTAR ...................................................................................................... iv
DAFTAR ISI ....................................................................................................................... v
BAB I. PENDAHULUAN................................................................................................... 1
A.
Latar
Belakang........................................................................................................... 1
B. Landasan Hukum....................................................................................................... 4
C. Tujuan Penyusunan KTSP.......................................................................................... 6
D. Prinsip Penyusunan KTSP.......................................................................................... 6
E. Acuan Operasional KTSP.......................................................................................... 8
F. Profil Madrasah........................................................................................................ 10
BAB II. TUJUAN, VISI DAN MISI MADRASAH...................................................... 13
A.
Tujuan
Pendidikan Nasional dan Kelembagaan....................................................... 13
B. Visi dan Misi Madrasah........................................................................................... 13
C. Tujuan Madrasah...................................................................................................... 13
D. Rencana Strategis Madrasah.................................................................................... 14
BAB III. STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM.............................................. 15
A.
Kerangka
Dasar Kurikulum...................................................................................... 15
1.
Landasan
Filosofis............................................................................................. 15
2.
Landasan
Sosiologis........................................................................................... 16
3.
Landasan
Psikopedagogis.................................................................................. 16
4.
Landasan
Teoritis............................................................................................... 16
5.
Landasan
Yuridis............................................................................................... 17
B.
Struktur
Kurikulum.................................................................................................. 17
1.
Standar
Isi.......................................................................................................... 17
2.
Struktur
Kurikulum MTs Jam'iyah Islamiyah..................................................... 18
C.
Kompetensi
Inti dan Kompetensi Dasar.................................................................. 21
D.
Muatan
Kurikulum................................................................................................. 152
1.
Mata
Pelajaran.................................................................................................. 152
2.
Muatan
Lokal................................................................................................... 152
E.
Kriteria
Ketuntasan Minimum................................................................................ 154
1.
Program
Remedial dan Pengayaan.................................................................. 156
2.
Kriteria
Kenaikan Kelas dan Kelulusan.......................................................... 157
3.
Pendidikan
Kecakapan Hidup........................................................................ 157
4.
Pendidikan
Berbasis Keunggulan Lokal dan Global...................................... 158
BAB IV. PENGATURAN BEBAN BELAJAR........................................................... 159
BAB V. KALENDER PENDIDIKAN MADRASAH................................................ 160
A.
Permulaan
Tahun Pelajaran.................................................................................... 160
B. Minggu Efektif Belajar.......................................................................................... 160
C. Pengaturan Waktu Belajar Efektif......................................................................... 161
D. Pengaturan Waktu Libur........................................................................................ 162
E. Rencana Kegiatan MTs Jam'iyah Islamiyah........................................................... 163
F. Kalender Pendidikan MTs Jam'iyah Islamiyah...................................................... 163
BAB VI. PENUTUP....................................................................................................... 167
A.
Harapan.................................................................................................................. 167
B. Permasalahan.......................................................................................................... 167
C. Solusi...................................................................................................................... 167
D.
Rencana
Tindak Lanjut.......................................................................................... 167
LAMPIRAN
Ø Lampiran 1 : SK Tim Pengembang Kurikulum
Ø Lampiran 2 : SK Kriteria Ketuntasan Minimum
(KKM)
Ø Lampiran 3 : SK Pembagian Tugas
Ø Lampiran 4 : Daftar Tenaga Pendidik MTs
Jam'iyah Islamiyah
Ø Lampiran 5 : Struktur Organisasi MTs Jam'iyah
Islamiyah
Ø Lampiran 5 : Contoh Silabus
Ø Lampiran 6 : Contoh RPP
Link download file doc:
Posting Komentar