KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat
Allah SWT,yang telah memberikan hikmat dan kemampuan kepada penyusun dalam
menyelesaikan sebuah makalah dalam mata pelajaran Tik/Teknologi Informasi dan
Komunikasi.
Bahan makalah ini tidak hanya diambil dari suatu sumber saja.melainkan
dari beberapa sumber buku yang dipadu secara teliti oleh penyusun
sehingga dapat lebih mudah pahami oleh kalangan para pembaca yang
mengalami kesulitan dalam proses kerja teknologi informasi dan komunikasi.
Dengan bahan makalah ini, pernyusun juga berharap agar dapat bermanfaat bagi
peserta didik,sekalian dalam memahami proses kerja komputer,dan juga diharapkan
dapat dijadikan sebagai pedoman untuk mengaplikasikan komputer pada mata
pelajaran Tik ini bagi pembaca makalah ini yang ingin melatih diri untuk
mengaplikasikan komputer secara ototidak.
Dalam pembuatan makalah ini kami gunakan bahasa sederhana yang dapat dengan
mudah dimengerti oleh para kalangan pembaca dan pada kesempatan ini perkenankan
penulis menyampaikan ucapan rasa terima kasih kepada seluruh kawan kelompok
yang telah diberikan suatu masukan secara saksama dalam menyusun suatu makalah
ini,semoga Allah berkenan mencurahkan rahmat dan Hidayah-Nya kepada akami
semua,dan kami berharap agar makalah ini dapat menambah wawasan tentang
prosedur kerja computer kepada para pembaca segala saran dan kritik yang
membangun demi penyempurnaan makalah ini,akan kami terimah dengan sebang
hati,karena setiap penyempurnaan tidak lupuk dari kesalahan dan
kehilafan.terimah kasih.
Limbang
Jaya, Agustus 2016
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar belakang
Dalam kehidupan sehari-hari kita sering dihadapkan dengan banyak data.ada data
tentang pribadi,data tentang keluarga,dll.dengan demikian,data diartikan suatu
kumpulan dari kejadian-kejadian yang tertulis (dicatat) dari suatu keadaan atau
peristiwa nyata yang terjadi dilapangan
Maka kita tahu tentang proses kerja teknologi informasi dan komunikasi dalam
computer terhadap tiga istilah penting,yaitu input (data), pengolah data,dan
informasi (output)pegolahan data dengan computer dikenal dengan nama pengolahan
data eletronik (PDE) atau eletronik processing (EDP).data adalah kumpulan
kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta) dapat berupa
angka-angka,huruf,symbol-simbol Khusus,atau gabungan dari ketiganya
Pengolahan data merupakan suatu proses manipulasi dari data kedalam bentuk yang
lebih berguna dan lebih berarti,yaiut berupa suatu informasi,dengan dsemikian
informasi adalah hasil dari suatu kegiatan pengolahan data yang memberikan
bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta,oleh karena itu,pengolahan data
elektronik adalah proses manipulasi dari data bentuk yang lebih bermakna berupa
suatu informasi dengan menggunakan suatu alat eletronik,yaitu Komputer.
B.
Rumusan
1. Jelaskan proses kerja computer dan
telekomunikasi,serta berbagai peralatan teknologi informasi dan
komunikasi
2. sebutkan dan jelaskan fungsi dan cara kerja jaringan
telekomunikasi
3. perangkat lunak apa sajakah yang
digunakan/dibutuhkan dalam system informasi
4. apa keguanaan dari beberapa program aplikasi
BAB II
PEMBAHASAN
A. FUNGSI,PROSES KERJA KOMPUTER DAN TELEKOMUNIKASI SERTA
BERBAGAI INFORMASI DAN KOMUNIKASI.
1. Data dan informasi
Dalam proses kehidupan manusia sehari-hari,kita sering diharapkan dengan banyak
data.Ada data tentang pribadi,data tentang keluarga,dll.dengan demikian,data
diartikan suatu kejadian yang tertulis (dicatat) dari suatu keadaan atau
peristiwa nyata yang terjadi di lapangan.
Suatu data akan lebih berarti jika disusun secara
baik,benar, dan sistematis.Tujuan dari kegiatan penyusunan data adalah untuk
mendapatkan informasi secara cepat dan akurat,.dengan demikian,informasi dapat
diartikan suatu hasil dari kegiatan pengolahan data yang lebih berarti dari suatu
kejadian,keadaan,peristiwa yang masih berbentuk data mentah.bentuk informasi
yang dapat dihasilkan oleh computer adalah berupa
teks,angka,symbol-symbol,gambar,suara,sinyal dan grafik.
2. Siklus Proses Informasi
Siklus proses infomasi secara umum dapat dibedakan menjadi 3 tahapan,yaitu :
- Tahap
pengumpulan data (bahan Baku)
- Tahaap
pengolahan (pemprosesan)
- Tahap
Penyelesaian (hasil)
3.
Perangkat Keras Komputer
Agar computer dapat digunakan untuk memasukan data,memproses data dan
menghasilkan informasi maka paling sedikit perangkat computer harus
terdiri dari keyboard,CPU,monitor dan printer.
Dilihat dari sisi fungsinya,peralatan computer dapat dibedakan menjadi 5
macam,yaitu :
- Peralatan Masukan (input)
- Peralatan penyimpanan (memory)
- Peralatan tambahan (periferel)
- Peralatan keluaran (output)
1.
peralatan Masukan (input)
peralatan ini berfungsi untuk memasukan data dari luar
kedalam prosessor atau memory computer sehingga dapat diolah menjadi
informasi.peralatan input terdiri terdiri dari beberapa macam piranti sebagai
berikut :
1. keyboard
Merupakan media input yang merupakan sarana pendukung utama
untuk
dapat
memasukan huruf,angka,karakter khusus serta sebagai sarana untuk
memebrikan perintah dari user (pemakai Komputer) melalui tombol –tombol yang
ada.disamping itu keyboard mempunyai beragam jenis bentuk fisik,tetapi
kebutuhan disesuaikan setara pengguna
2. mouse
Alat ini digunakan untuk mengatur perpindahan kursor secara tepat atau
digunakan untuk memberikan perintah secara praktis dan cepat pula.biasanya pdea
tampilan layar monitor,mouse berupa pointer tanda panah sebagai petunjuk
icon-icon yang dapat diklik.jenis mouse juga beragam,mulai dari yang besar
hingga kecil,mulai dari tegnologi bali hingga infrared,dengan banyaknya jenis
computer pengguna pun dapat memilih mouse sesuai dengan kebutuhan.
Adapun
cara pengoperasian mouse adalah sebagai berikut :
- Klik
: menekan
tombol mouse sebelah kiri 1 kali,yang berarti menunjuk tool
- Double Klik : menekan tombol mouse sebelah kiri 2 kali
mengaktifkan program.
- Triple Klik : Menekan tombol mouse sebelah kiri 3 kali
tanpa selang yang berarti Memblok naskah
- Drag
: Menekan
tombol mouse sebelah kiri tanpa dilepas dan digeser,berarti Menyorot,memindahkan
obyek,dsb.
- Klik Kanan : Menekan mouse sebelah kanan 1 kali,yang
menampilkan shourct menu
2.
Peralatan Proses
Peralatan proses adalah alat yang digunakan untuk mengolah
dan meproses data contohnya CPU.CPU adalah alat yang dignakan untuk memproses
dan mengolah data guna mendapatkan informasi sesuai yang diharapkan.didalam CPU
terdapat peralatan seperti :
1.
Processor
adalah satu bagian yang terpenting didalam computer karena possessor inilah
yang menentukan jenis suatu computer.
2.
ROM
(read only memory),berisikan suatu program yang telah ditetapkan oleh pembuat
ini tidak dapat diubah ,ditambah maupun dikurangi oleh pemakai computer.
3.
RAM
(random Access memory),adalah memory yang dapat diiisi dengan program dan data
selama aliran listrik masih hidup.RAM berfungsi sebagai penyimpan
sementara,baik untuk system operasi program aplikasi atau file kerja selama
computer dalam kondisi dioprasikan,ram yang besar membuat kemapuan computer
menjadi kemapuan computer menjadi sangat berguna,pemilihan memori RAM harus
sesuai dengan methorboard
3. Peralatan
penyimpanan
Peralatan
penyimpanan dalah alat-alat (perangkat) untuk menyimpan data,informasi,instruksi,maupun
program.ada beberapa peralatan penyimpanan antara lain :
·
Disket,adalah
peralatan penyimpanan merupakan baca tulis yang sangat popular karena harganya
murah dan mudah di bawa kemana-mana.
Setiap
disket yang baru,harus dilakukan penformatan ataupun dengan maksud untuk
menghapus seluruh isi disket.adapun cara untuk menformat disket adalah
·
USB
Flash memory adalah
suatu piranti penyimpanan sekunder yang saat ini popular diguanakan karena
ukurannya yang kecil,ringan,mudah digunakan dan mempunyai kapsiatas sam halnya
dengan disket,setiap USB flash yang baru harus dilakukan pernformatan atau
ingin menghapus isi USB Flash.Adapun cara menformatnya :
· Hadisk,merupakan peralatan penyimpanan
yang dibuat dari bahan alminium atau keramik yang dilapisi dengan bahan
magnetic.Hardisk dipilih sesuai dengan kebutuhan pengguna.kapasitas hardisk
beragam,mulai dari yang terkecil (380 MB)hingga besar (120 Gbyte) adajuga
jenis hardisk yaitu SCSI dan IDE.jenis SCSL digunakan pada computer server,namun
majunya teknologi IDE juga dapat digunakan pada sebuah server.
· CD (compact Disk) adalah piringan yang besarnya
sam dengan disket tetapi dapat menampung data hingga 600 MB.selama ini,disket
digunakan untuk melakukan penyimpanan dengan kapsitas jauh lebih banyak
dibanding disket,awalnya,ukuran CD cukup besar,tetapi dengan perkembangan
teknologi,ukuran CD makin kecil.
4.
peralatan tambahan (peripheral)
peralatan tambahan perangkat tambahan yang berpasangan untuk
lebih menyalagunakan computer.prangkat ini ada yang digolongkan sebagai alat
perangkat masukan.prosessor dan perangkat tambahan yang biasa digunakan seperti
:
1.
Modem,alat
ini berfungsi untuk mengubah gelombang analog menjadi sinyal digital dari kabel
telepon untuk keperluan koneksi internet
2.
Music
Card,bila computer dilengkapi dengan musik card maka computer tersebut dapat
dihunbungkan dengan organ terutama yang mempunyai fasilitas MIDI (Music
Instrument Device Interfase)
5.
Peralatan
Keluaran
Peralatan keluaran
adalah alat yang digunakan untuk menampilkan informasi dari computer.peralatan
keluaran yang sering digunakan adalah :
1.
Monitor,merupakan alat untuk menampilkan
hasil pengetikan pemprosesan data.dengan monitor,anda dapat melihat
program-program computer. Dengan kata lain,monitor dengan gabungan kaca
RGB.menurut macamnya,ada beberapa jenis monitor,yaitu LCD (liquid crystal display)
dengan kebutuhan listrik yang hemat,monitor flat (layar data) dan jenis
lainnya.
2.
Printer, merupakan alat untuk mencetak
informasi pada kertas atau degan kata lain,printer merupakan perangkat tambahan
yang sangat dibutuhkan untuk mencetak dokumen diatas kertas.namun,kini printer
juga dapat mencetak diatas kertas foto,kain dan beberapa benda
lainnya.bahkan,kini telah ada printer yang lengkap dengan fungsi lain,seprti
printer juga tidak terlalu rumit.
3.
speaker,merupakan alat untuk mengeluarkan
suara (bunyi).speaker juga digunakan untuk menghidupkan suasana ketika
speakr GigaWorks atau saat menggunakan computer multimedia,sound saat
anda bermain game serta ketika mendengarkan lagu atau memutar DVD.
4.
infocus,infocus hampir sama dengan
monitor,fungsinya adalah untuk menampilkan gambar/visual.hasil pemprosesan data
hanya saja infocus memerlukan obyek lain sebagai media penerima pancaran
signal-signal gambar yang dipancarkan.
B. FUNGSI
DAN CARA KERJA JARINGAN TELEKOMUNIKASI (WERELINE,WERELESS,MODEM,DAN SATELIT)
Jaringan computer (computer network) atau sering disingkat jaringan saja adalah
hubungan dua bauh symbol (umumnya berupa computer) atau lebih yang ditujukan
untuk melaksanakan pertukaran data untuk melakukan bagi npakai perngkat lunak,perangkat
keras dan bahkan berbagai kekuatan pemrosesan
1. Manfaat
jaringan computer
Manfaat
penggunaan jaringan computer adalah :
1.
Dapat berbagi perangkat keras.
2.
Dapat berbagi program atau data.
3. Mendukung kecepatan berkomunikasi
4. Memudahkan pengaksesan informasi
2. Macam-macam jaringan
Komputer
Ada
5 macam jenis jaringan atau Network yaitu :
v
Local
Area Network ( L A N )
LAN adalah jaringan yang mencakup area dalam satu ruang,satu
gedung atau beberapa gedung yang berdekatan.kebanyakan LAN menggunakan media
kabel untuk menghubungkan antara satu computer dengan computer lainnya.
Namun,ada yang tidak menggunakan kable tersebut wireless LAN (WLAN) atau
LAN tanpa kabel.
Menurut tipenya,LAN dapat berupa Client/server Atau
Peer-to-peer
v Client Server,adalah suatu model jaringan yang
memiliki Client dan server.client adalah computer yang menerima layanan (bisa
berupa data atau perangkat keras seperti printer).sedangkan server adalah
computer yang bertindak untuk melayani permintaan Client.Fungsi server senderi
sebenarnya berupa perangkat lunak yang dijalankan pada perangkat keras
yang umumnya berupa computer.file server menangani berkas yang padat diaskes
oleh client.Printer server bertindak sebagai pengontrol printer yang dapat
dignakan oleh client.Web server menagani halaman-halaman web yang dapat diakses
oleh browser.mail sever menangani surat elektronis
v Peer-to-peer,menyatakan model jaringan yang
memberikan kedudukan yang sama bertindak sebagai server atau client secara
eksplisit,oleh karena itu tidak ada media penyimpanan yang bersifat
global;dalam arti dipakai oleh sejumlah computer.
v Metropolitan Area Network (MAN)
MAN
adalah jaringan yang mencakup satu kota atau dengan rentang sekitar
10-15 Km.contohnya jaringan yang menghubungkan beberapa baik
yang terletak dalam satu lokasi,jaringan ini umunya menggunakan media tranmisi
dengan microgelombang radio.namun ada juga yang menggunakan jalur sewa.
v Wide area Network (WAN)
WAN adalah jaringan
yang lingkupnya antar kota,antar propinsi,anatr Negara
Dan bahkan antar benua.contoh WAN adalah
jaringan yang menghubungkan ATM
v Internet
Internet
adalah kumpulan jaringan yang terkoneksi dalam area yang luas
v Jaringan Tanpa Kabel
Jaringan tanpa kabel asalah suatu solusi terhadap komunikasi
yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya
orang yang ingin mendapat informasi walaupun sedang berada di atas mobil atau
pesawat terbang, maka mutlak jaringan tanpa kabel diperlukan karena koneksi
kabel tindakan mungkin. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan
dengan manfaatnya jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih
cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel.
3. Topologi
Jaringan
Topologi adalah suatu cara menghubungkan computer yang satu
dengan computer yang lainnya sehingga membentuk jaringan. Ada empat topologi
yang umum digunakan pada LAN yaitu:
1. Topologi Bintang (Star)
Topologi ini terdapat komponen yang bertindak sebagai pusat
pengontrol. Semua simpul yang hendak berkomunikasi selalu melalaui pusat.
Pengontrol tersebut, dalam hal ini pusat pengontrol berupa hub atau Swicht.
Kelebihan
Topologi Bintang :
- Mudah dikelola dan dihubungkan
(penyebab kegagalan mudah untuk diketahui)
- Kegagalan
pada sebuah computer tidak berpengaruh pada sebuah jaringan
- Kecepatan transfer data relative
baik
- Mudah
untuk di kembangkan jika ada penambahan user/work station
Kelemahan
Topologi Bintang :
- Keegagalan pada pusat pengontrol
akan menyebabkan kegagalan jaringan secara keseluruhan
- Jika pusat pengontrol berupa hub
(bukan berupa switch) kecepatan transmisi menjadi lambat.
- Dapat
terjadi tabrakan (collision) apabila terjadi kepadatan lalu lintas data.
2. Topologi Bus
Topologi cincing adalah cara menghubungkan computer sehingga
berbentuk Ring (lingkrang). Data dikirimkan ke setiap simpul dan setiap
informasi yang diterima simpul diperiksa alamatnya apakah data itu untuknya
atau bukan.
Kelebihan
Topologi Cincing :
- Instalasi
yang sederhana
- Menghindari
tabrakan data (collision) karena data akan bergerak hanya pada satu arah
- Semua
work station (computer) akan mempunyai status yang sama
Kelemahan
Topologi Cincing
- Kegagalan
salah satu simpul, jika ada satu saja simpul yang mengalami kegagalan, maka
semua hubungan akan terputus.
- Sulit
untuk dikembangkan jika kemudian hari jumlah user bertambah
3. Topologi Bus
Topologi Bus ini semua simpul dihubungkan melalui kabel yang
disebut Bus. Jika seorang pemakai megnirimkan pesan ke seorang pemakai lain
maka pesan tersebut melalui Bus
Topologi
Bus Mempunyai kelemahan :
- Jika
kabel utama (Bus) putus, maka semua computer tidak bisa saling berhubungan
- Jika
kabel utama sangat panjang dan terdapat gangguan, pencarian penyebab masalah
menjadi sangat sulit
- Jika
ban yak computer yang aktif (mengirim pesan) akan serijng terjadi tabrakan
sehingga mengakibatkan kecepatan pengirim data terjadi berkurang
- Sulit
untuk dikembangkan jika di kemudian hari jumlah user bertambah
Kelebihan
Topologi Bus :
- Instalasi
rendah
- Biaya
murah, karena perangkat yang digunakan tidak banyak dan relative tidak mahal
- Setiap
computer independent, artinya kerusakan pada satu unit tidak akan mengganggu
jaringan keseluruhan
4. Topologi Pohon
topologi pohon merupakan
pengemabangan dari topologi bintang, dengan salah satu simpul menjadi
pengontrol bagi sejumlah simpul yang berada dibawahnya,topologi ini biasa
digunakan pada LAN mengingat kemudahan untuk melakukan ekspansi dan mengurangi
keruwetan kabel.Dengan menggunakan hub tambahan,sejumlah computer (atau piranti
yang lain) dapat menghubungkan dengan mudah.
4. komunikasi
menggunakan media Kabel dan Nirkabel (wireless)
a.
komunikasi Data Menggunakan Kabel
Kabel merupakan salah satu
jenis media transmisi Guinded yang mentramisikan sekaligus memandu arah
pengiriman data.Komunikasi data berbasis kabel memungkinkan untuk
dilakukan jika jarak antara pengiriman dan menerima tidak terlalu jauh dan
berada dalam area local.yang sering dijumpai adalah telepon kemudian juga
jaringan computer area local (LAN)
b.
media Transmisi Nirkabel
Tidak semua jaringan berhubungan
menggunakan kabel.Ada diantaranya menggunakan Wireless.LAN yang menggunakan
Wireless menggunakan Frekuensi radio,inframerah ataupun sinar laser untuk
berkomunikasi diantara work station,file server ataupun hub gelombang
radio.Jaringan model Wireless ini sangat baik untuk computer Laptop atau
computer remote untuk berkoneksi ke LAN.Wireless juga mengantukan
apabila disebuah gedung sanngat sulit dalam memasang jaringan.
Penggunaan jaringan untuk
komunikasi data dengan menggunakan wireless ini mempunyai beberapa kelemahan
sebagai berikut:
- Biaya
implementasi yang cukup mahal
- Tidak
aman,dan riskan terhadap interferensi cahaya dan listrik
- Transfer
data lebih lambat dibandingkan dengan pengguna kabel.
C.
PERANGKAT LUNAK DALAM SISTEM INFORMASI
Dalam suatu computer,bisa bekerja atas dasar instruksi dari user atau
pemakai.sekumpulan instruksi diperlukan untuk mengatur jalannya perangkat keras
dalam computer,Instruksi inilah yang disebut program atau perangakat lunak atau software.
Berdasarkan fungsinya,perangkat lunak dapat dikelompokkan ke dalam dua kelompok
yaitu :
1. Perangkat lunak system,antara lain :
- Sistem
operasi
- Bahasa
pemrograman
- Utilitas
2. perangkat lunak aplikasi,antara lain
:
- Aplikasi
perkantoran
- Aplikasi
Multimedia
- Aplikasi
Internet dan jaringan
- Alikasi
Khusus
1. fungsi
Sistem Operasi
system operasi adalah perangkat
lunak yang mengatur dan mengendalikan perangkat keras computer agar dapat
dijalankan oleh pengguna yang mempunyai fungsi dan tugas sebagai berikut :
- Mengelola
proses jalannya suatu program dalam computer
- Mengelola
pemakaian sumber daya komponen perangkat keras computer pada saat computer
sedang dijalankan.
- Mengelola
Akses Data dalam Piranti penyimpan sekunder maupun dalam memori utama.
Macam-macam
perangkat lunak system operasi adalah sebagai berikut :
- DOS
- UNIX
- Windows
95/Windows Me/Windows XP
- MACITOSH
- LINUX
2. Perangkat
Lunak Bahasa Pemrograman
Perangkat lunak bahasa pemrograman merupakan perangkat lunak
yang mengkonversi algortma yang telah dirancang oleh pengguna/pemrograman ke
dalam bahasa yang dimengerti oleh computer.Terdapat 4 kelompok generasi bahasa
pemrograman adalah :
- Generasi
pertama (bahasa mesin)
- Generasi
Kedua (Bahasa Assembly).
- Generasi
Ketiga (Bahasa pemrograman tingkat tinggi)
- Generasi
keempat
3. Perangkat
Lunak Aplikasi Multimedia
Perkembangan perangkat lunak ini di
dukung dengan perkembangan pesat tehnologi multimedia, yaitu tehnologi yang
menggabungkan kemampuan teks, gambar, suara, animasi gambar dan video.
Beberapa perangkat lunak yang terkait dengan multi media anatar lain : Corel
Draw, Realplayer, Adobe premiere, pinacle, Ulead studio dan Micromedia Flash
MX.
4. Perangkat
Lunak Aplikasi Internet, Komunikasi dan Jaringan
Beberapa perangkat lunak yang
terkait dengan internet, Komunikasi dan jaringan, jenisnya antara lain adalah :
a. Web Browser adalah perangkat lunak yang
berguna untuk mengakses informasi di internet.
b. E-mail sortware adalah salah satu sarana
yang digunakan dalam internet untuk berkirim surat.
c. Chatting adalah suatu perangkat lunak
yang memungkinkan para penggunanya berkomunikasi melalui internet denan
menggunakan teks secara Real-Time.
5. Perangkat Lunak Aplikasi Khusus
Perangkat lunak yang ditujukan pada
bidang-bidang khusus, contohnya :
- Program
SPSS, merupakan perangkat lunak untuk analisis data statistik.
- Program Mathematica dan MAPLE,
merupakan perangkat lunak bidang kajian matematika.
- Program Auto Cad, merupakan
lunak untuk desain ilmu-ilmu tehnik dan arsitektur.
- Program MYOB, DEA, GL,
merupakan perangkat lunak akuntansi.
6. Perangkat Lunak
Utilitis.
Perangkat lunak yang ditujukan untuk
menunjang fungsionalitas perangkat lunak system operasi. Seperti untuk
manangkat virus komputer diperlukan antivirus misalnya Norton Antivirus atau
McAfee.
D. KEGUNAAN DARI BEBERAPA
PROGRAM APLIKASI
Perkembangan program aplikasi akan
menuntun perkembangan perangkat kerasnya. Pada bahasan ini anda dapat memahami
beberap kegunaan program aplikasi.
a. Aplikasi Perkantoran.
Perangkat
lunak yang ditujukan untuk membantu tugas-tugas yang sering dilakukan pada
sebuah kantor atau perusahaan. Perangkat lunak yang termasuk di dalamnya adalah
:
1. Spreadsheet.
Adalah program untuk
mengola data dalam bentuk table. Dalam perangkat lunak ini terdapat
fungsi-fungsi khusus yang mencakup rumus-rumus keuangan matematika, statistika
sehingga akan membantu pemakainya dalam menyelesaikan pekerjaan. Contohnya
Microsoft Excel.
2.
Word
Prosessor
Adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat
dokumen.contohnya Microsoft word.
3.
Program
Presentasi
Adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat bahan
presentasi dan sekaligus untuk berpresentasi.Contonya Microsoft power
point
4.
Data
Base management Sistem
Adalah perangkat lunak yang ditujukan untuk melaksanakan
manajemen data.contohnya : Microsoft access,Microsoft Visual,Foxpro,dll.
b. perangkat lunak Aplikasi Multimedia
perkembangan perangkat lunak ini didukung dengan perkembangan pesat teknologi
multimedia,yaitu teknologi yang menggabungkan kemapuan teks,gambar,suara,animasi
gambar dan video.perangkat lunak yang terkait dengan multimedia antara lain :
1.
Corel
Draw, adobe photoshop,merupakan perangkat lunak untuk aplikasi desain grafis
yang banyak digunakan untuk mendesain brosur,spanduk,animasi,dll.
2.
realplayer,merupakan
perangkat lunak untuk memainkan file musik video dan itertaiment.
3.
Adobe
Premiere,merupakan perangkat lunak untuk membuat dan mengedit film dalam
berbagai format.
4.
Macromedia
Flash MX,merupakan perangkat lunak untuk membuat aplikasi animasi.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dengan selesainya makalah yang kami susun ini,maka kami
selaku penulis akan menyimpulkan bahwa,proses kerja computer dan telekomunikasi
mempunyai bagian-bagian seperti :
·
Data
dan informasi,dan
·
Siklus
proses informasi siklus ini dibedakan menjadi 3 tahap yaitu tahap pengumpulan
data tahap pegolahan,dan tahap penyelesaian
·
Dan
memiliki berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi yaitu
·
Peralatan
masukan input terdiri dari keyboard,mouse
·
Peralatan
proses,terdiri dari prosessor,ROM,RAM
·
Peralatan
penyimpanan terdiri dari disket,USB flash memory,hardisk,dan CD (Compact disk)
·
Peralatan
tambahan (periferel) terdiri dari modem,music card
·
Peralatan
keluaran terdiri dari,monitor,printer,dan speaker
2. fungsi
dan cara kerja jaringan telekomunikasi (wirenne,wireless,modem,dan
sateint)terdiri dari 3 fungsi yaitu :
a. dapat berbagi perangkat keras
b. dapat berbagi program atau data
c. mendukung kecepatan berkomunikasi,dan
d. memudahkan pengaksesan informasi
Macam-macam jaringan computer ada 5 jenis jaringan atau
network,yaitu :
a. local Area Network
(LAN)
b. Metropolitan Area Network
(MAN)
c. Wide Area Network
(WAN)
d. Intenet,dan
e. Jaringan tanpa kabel
B. Saran-saran
Dengan selesainya makalah ini,maka penulis dapat menyampaikan saran-saran
sebagai berikkut :
1. Kami berharap kepada
semua siswa dan guru agar dapat memberikan kritik dan saran supaya
siswa-siswi dengan mudah memerima materi supaya lebih leluasa bertanya kepada
guru tentang apa yang tidak diketahuinya
2. agar siswa siswi mampu
mnunjukkan prestasinya dan mampu mengembangkan wawasannya dan menerima materi
dari guru supaya siswa siswi dengan mudah mengetahuinya
3. siswa siswi juga harus
sering melakukan kerja kelompok atau diskusi,bersama teman yang lain supaya
dapat membagi atau saling tukar pikiran antara siswa yang satu dengan yang
lainnya.
DAFTAR PUSTAKA
Edi
purwanto Drs.Dkk Teknologi informasi dan Komunikasi surakarta : Yudhistira,2003
N
H fairus,teknologi informasi dan komunikasi Jakarta : Ganece exact,2004
N.H
Fairus,Teknologi informasi dan komunikasi Jakarta : tiga serangkai,2004
Margianto,S.Pd
teknologi dan komunikasi surakarta pustaka manggala,2006
Jani
Kusanti,S.kom.dkk teknologi informasi dan informasi surakata: Garahadi
2006
Syahrir,A.Md.Kom.
Teori aplikasi merakit computer system jaringan dan internet.
Posting Komentar