KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT,yang telah
memberikan hikmat dan kemampuan kepada penyusun dalam menyelesaikan sebuah
makalah dalam mata pelajaran Tik/Teknologi Informasi dan Komunikasi, bahan
pengajian ini kami kumpulkan dari berbagai materi,yang sengaja kami susun untuk
membantu para pembaca dalam mencapai kompetensi.
Bahan makalah ini tidak hanya diambil dari suatu sumber saja.melainkan
dari beberapa sumber buku yang dipadu secara teliti oleh penyusun sehingga
dapat lebih mudah pahami oleh kalangan para pembaca yang mengalami
kesulitan dalam proses kerja teknologi informasi dan komunikasi.
Dengan bahan makalah ini, pernyusun juga berharap agar dapat bermanfaat bagi
peserta didik,sekalian dalam memahami proses kerja komputer,dan juga diharapkan
dapat dijadikan sebagai pedoman untuk mengaplikasikan komputer pada mata
pelajaran Tik ini bagi pembaca makalah ini yang ingin melatih diri untuk
mengaplikasikan komputer secara ototidak.
Dalam pembuatan makalah ini kami gunakan bahasa sederhana yang dapat dengan
mudah dimengerti oleh para kalangan pembaca dan pada kesempatan ini perkenankan
penulis menyampaikan ucapan rasa terima kasih kepada seluruh kawan kelompok
yang telah diberikan suatu masukan secara saksama dalam menyusun suatu makalah
ini,semoga Allah berkenan mencurahkan rahmat dan Hidayah-Nya kepada akami
semua,dan kami berharap agar makalah ini dapat menambah wawasan tentang
prosedur kerja computer kepada para pembaca segala saran dan kritik yang
membangun demi penyempurnaan makalah ini,akan kami terimah dengan sebang
hati,karena setiap penyempurnaan tidak lupuk dari kesalahan dan
kehilafan.terimah kasih.
Bulukumba, oktober 2008
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar belakang
Dalam kehidupan sehari-hari kita sering dihadapkan dengan banyak data.ada data
tentang pribadi,data tentang keluarga,dll.dengan demikian,data diartikan suatu
kumpulan dari kejadian-kejadian yang tertulis (dicatat) dari suatu keadaan atau
peristiwa nyata yang terjadi dilapangan
Maka kita tahu tentang proses kerja teknologi informasi dan komunikasi dalam
computer terhadap tiga istilah penting,yaitu input (data), pengolah data,dan
informasi (output)pegolahan data dengan computer dikenal dengan nama pengolahan
data eletronik (PDE) atau eletronik processing (EDP).data adalah kumpulan
kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta) dapat berupa
angka-angka,huruf,symbol-simbol Khusus,atau gabungan dari ketiganya
Pengolahan data merupakan suatu proses manipulasi dari data kedalam bentuk yang
lebih berguna dan lebih berarti,yaiut berupa suatu informasi,dengan dsemikian
informasi adalah hasil dari suatu kegiatan pengolahan data yang memberikan
bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta,oleh karena itu,pengolahan data
elektronik adalah proses manipulasi dari data bentuk yang lebih bermakna berupa
suatu informasi dengan menggunakan suatu alat eletronik,yaitu Komputer.
B. Rumusan
1. Jelaskan proses kerja computer dan
telekomunikasi,serta berbagai peralatan teknologi informasi dan
komunikasi
2. sebutkan dan jelaskan fungsi dan cara kerja
jaringan telekomunikasi
3. perangkat lunak apa sajakah yang
digunakan/dibutuhkan dalam system informasi
4. apa keguanaan dari beberapa program aplikasi
C. Tujuan Penulisan
Yaitu bertujuan untuk membahas pertanyaan-pertanyaan yang telah dirumuskan
diatas.
BAB II
ISI
FUNGSI,PROSES KERJA KOMPUTER DAN TELEKOMUNIKASI SERTA BERBAGAI
INFORMASI DAN KOMUNIKASI.
1. Data dan informasi
Dalam proses kehidupan manusia sehari-hari,kita sering diharapkan dengan banyak
data.Ada data tentang pribadi,data tentang keluarga,dll.dengan demikian,data
diartikan suatu kejadian yang tertulis (dicatat) dari suatu keadaan atau
peristiwa nyata yang terjadi di lapangan.
Suatu data akan lebih berarti jika disusun secara baik,benar,
dan sistematis.Tujuan dari kegiatan penyusunan data adalah untuk mendapatkan
informasi secara cepat dan akurat,.dengan demikian,informasi dapat diartikan
suatu hasil dari kegiatan pengolahan data yang lebih berarti dari suatu
kejadian,keadaan,peristiwa yang masih berbentuk data mentah.bentuk informasi
yang dapat dihasilkan oleh computer adalah berupa
teks,angka,symbol-symbol,gambar,suara,sinyal dan grafik.
2. Siklus Proses
Informasi
Siklus proses infomasi secara umum dapat dibedakan menjadi 3 tahapan,yaitu :
- Tahap pengumpulan data (bahan Baku)
- Tahaap pengolahan (pemprosesan)
- Tahap Penyelesaian (hasil)
3. Perangkat Keras
Komputer
Agar computer dapat digunakan untuk memasukan data,memproses data dan
menghasilkan informasi maka paling sedikit perangkat computer harus
terdiri dari keyboard,CPU,monitor dan printer.
Dilihat dari sisi fungsinya,peralatan computer dapat dibedakan menjadi 5
macam,yaitu :
- Peralatan Masukan (input)
- Peralatan penyimpanan (memory)
- Peralatan tambahan (periferel)
- Peralatan keluaran (output)
1.
peralatan Masukan
(input)
peralatan ini berfungsi untuk memasukan data dari luar
kedalam prosessor atau memory computer sehingga dapat diolah menjadi
informasi.peralatan input terdiri terdiri dari beberapa macam piranti sebagai
berikut :
1. keyboard
Merupakan media input yang merupakan sarana pendukung utama
untuk
dapat
memasukan huruf,angka,karakter khusus serta sebagai sarana untuk
memebrikan perintah dari user (pemakai Komputer) melalui tombol –tombol yang
ada.disamping itu keyboard mempunyai beragam jenis bentuk fisik,tetapi kebutuhan
disesuaikan setara pengguna
2. mouse
Alat ini digunakan untuk mengatur perpindahan kursor secara tepat atau
digunakan untuk memberikan perintah secara praktis dan cepat pula.biasanya pdea
tampilan layar monitor,mouse berupa pointer tanda panah sebagai petunjuk
icon-icon yang dapat diklik.jenis mouse juga beragam,mulai dari yang besar
hingga kecil,mulai dari tegnologi bali hingga infrared,dengan banyaknya jenis
computer pengguna pun dapat memilih mouse sesuai dengan kebutuhan.
Adapun cara
pengoperasian mouse adalah sebagai berikut :
- Klik
:
menekan tombol mouse sebelah kiri 1 kali,yang berarti menunjuk tool
- Double Klik :
menekan tombol mouse sebelah kiri 2 kali mengaktifkan program.
- Triple
Klik : Menekan tombol mouse sebelah kiri 3 kali tanpa selang
yang berarti
Memblok naskah
- Drag
: Menekan
tombol mouse sebelah kiri tanpa dilepas dan digeser,berarti
Menyorot,memindahkan obyek,dsb.
- Klik Kanan
: Menekan mouse sebelah kanan 1 kali,yang menampilkan shourct menu
2.
Peralatan Proses
Peralatan proses adalah alat yang digunakan untuk mengolah dan
meproses data contohnya CPU.CPU adalah alat yang dignakan untuk memproses dan
mengolah data guna mendapatkan informasi sesuai yang diharapkan.didalam CPU
terdapat peralatan seperti :
1.
Processor adalah satu
bagian yang terpenting didalam computer karena possessor inilah yang menentukan
jenis suatu computer.
2.
ROM (read only
memory),berisikan suatu program yang telah ditetapkan oleh pembuat ini tidak
dapat diubah ,ditambah maupun dikurangi oleh pemakai computer.
3.
RAM (random Access
memory),adalah memory yang dapat diiisi dengan program dan data selama aliran
listrik masih hidup.RAM berfungsi sebagai penyimpan sementara,baik untuk system
operasi program aplikasi atau file kerja selama computer dalam kondisi
dioprasikan,ram yang besar membuat kemapuan computer menjadi kemapuan computer
menjadi sangat berguna,pemilihan memori RAM harus sesuai dengan methorboard
3.
Peralatan penyimpanan
Peralatan penyimpanan dalah alat-alat (perangkat) untuk
menyimpan data,informasi,instruksi,maupun program.ada beberapa peralatan
penyimpanan antara lain :
1. Disket,adalah
peralatan penyimpanan merupakan baca tulis yang sangat popu-
Lar karena harganya murah dan mudah di bawa kemana-mana.
Setiap disket yang baru,harus dilakukan penformatan ataupun
dengan maksud untuk
menghapus seluruh isi disket.adapun cara untuk menformat disket adalah sebagai
berikut :
- masukkan disket yang akan diformat pada
flopyy:
- double klik icon MY KOMPUTER di desktop
- Klik 3 ½ flpooy
- Klik menu FILE,FORMAT
- Dikotak format Type klik salah satu di bawah
ini :
- 1. QUICK (menformat disket dengan car
menghapus isi disket)
2. FULL (menformat
disket baru)
3. COPY SISTEM FILE
- Klik STAR dan tunggu bebapa saat
- Klik CLOSE
2. USB Flash memory adalah suatu piranti penyimpanan sekunder yang
saat ini
Popular diguanakan karena ukurannya yang kecil,ringan,mudah digunakan dan
mempunyai kapsiatas sam halnya dengan disket,setiap USB flash yang baru harus
dilakukan pernformatan atau ingin menghapus isi USB Flash.Adapun cara
menformatnya :
- Masukkan USB Flash yang akan diformat
- Double klik icon MY COMPUTER
- Klik
- Klik menu FILE,FORMAT
- Dikotak format Type klik salah satu di bawah
ini :
- 1. QUICK (menformat disket dengan car
menghapus isi disket)
2. FULL (menformat
disket baru)
3. COPY SISTEM FILE
- Klik STAR dan tunggu bebapa saat
- Klik CLOSE
3. Hadisk,merupakan
peralatan penyimpanan yang dibuat dari bahan alminium atau keramik yang
dilapisi dengan bahan magnetic.Hardisk dipilih sesuai dengan kebutuhan
pengguna.kapasitas hardisk beragam,mulai dari yang terkecil (380
MB)hingga besar (120 Gbyte) adajuga jenis hardisk yaitu SCSI dan IDE.jenis SCSL
digunakan pada computer server,namun majunya teknologi IDE juga dapat digunakan
pada sebuah server.
4. CD (compact Disk) adalah piringan yang besarnya sam dengan
disket tetapi dapat menampung data hingga 600 MB.selama ini,disket digunakan
untuk melakukan penyimpanan dengan kapsitas jauh lebih banyak dibanding disket,awalnya,ukuran
CD cukup besar,tetapi dengan perkembangan teknologi,ukuran CD makin kecil.
4.
peralatan tambahan
(peripheral)
peralatan tambahan perangkat tambahan yang berpasangan untuk
lebih menyalagunakan computer.prangkat ini ada yang digolongkan sebagai alat
perangkat masukan.prosessor dan perangkat tambahan yang biasa digunakan seperti
:
1.
Modem,alat ini
berfungsi untuk mengubah gelombang analog menjadi sinyal digital dari kabel
telepon untuk keperluan koneksi internet
2.
Music Card,bila
computer dilengkapi dengan musik card maka computer tersebut dapat dihunbungkan
dengan organ terutama yang mempunyai fasilitas MIDI (Music Instrument
Device Interfase)
5.
Peralatan Keluaran
Peralatan keluaran adalah alat yang digunakan untuk menampilkan
informasi dari computer.peralatan keluaran yang sering digunakan adalah :
1.
Monitor,merupakan alat untuk menampilkan hasil
pengetikan pemprosesan data.dengan monitor,anda dapat melihat
program-program computer. Dengan kata lain,monitor dengan gabungan kaca
RGB.menurut macamnya,ada beberapa jenis monitor,yaitu LCD (liquid crystal
display) dengan kebutuhan listrik yang hemat,monitor flat (layar data) dan
jenis lainnya.
2.
Printer, merupakan alat untuk mencetak informasi pada
kertas atau degan kata lain,printer merupakan perangkat tambahan yang sangat
dibutuhkan untuk mencetak dokumen diatas kertas.namun,kini printer juga dapat
mencetak diatas kertas foto,kain dan beberapa benda lainnya.bahkan,kini telah
ada printer yang lengkap dengan fungsi lain,seprti printer juga tidak terlalu
rumit.
3.
speaker,merupakan alat untuk mengeluarkan suara
(bunyi).speaker juga digunakan untuk menghidupkan suasana ketika speakr
GigaWorks atau saat menggunakan computer multimedia,sound saat anda bermain
game serta ketika mendengarkan lagu atau memutar DVD.
4.
infocus,infocus hampir sama dengan monitor,fungsinya
adalah untuk menampilkan gambar/visual.hasil pemprosesan data hanya saja
infocus memerlukan obyek lain sebagai media penerima pancaran signal-signal
gambar yang dipancarkan.
B. FUNGSI DAN CARA KERJA JARINGAN TELEKOMUNIKASI
(WERELINE,WERELESS,MODEM,DAN SATELIT)
Jaringan computer (computer network) atau sering disingkat jaringan saja adalah
hubungan dua bauh symbol (umumnya berupa computer) atau lebih yang ditujukan
untuk melaksanakan pertukaran data untuk melakukan bagi npakai perngkat
lunak,perangkat keras dan bahkan berbagai kekuatan pemrosesan
1. Manfaat jaringan computer
Manfaat penggunaan
jaringan computer adalah :
1. Dapat berbagi
perangkat keras.
Perangkat keras computer dapat digunakan oleh
sejumlah computer tanpa perlu
melepas dan memasang kembali.piranti cukup dipasang pada sebuah computer
atau menghubungkan ke suatu peralatan khusus dan semua computer dapat
mengaksesnya.
Cara ini dapat
menghemat biaya
2.Dapat berbagi program atau data.
Program atau data dimungkunkan untuk disimpan pada computer yang bertindak
sebagai server.cara seperti ini memungkinkan perusahaan membeli perangkat lunak
dan dipasang di server.lalu semua orang dapat mengakses program untuk setiap
computer.penempatan data pada sebuah server juga meberikan keuntungan : anatara
lain menghindari duplikasi data dan ketidakonsistenan.data disimpan secara
terpusat pada sebuah computer,bukan pada setiap perubahan pada suatu data oleh
seseorang akansegera diketahui oleh orang lain.dengan caa sperti ini data akan
selalu dalam keadaan terbaru.perlu diketahui ketidak konsistenan terjadi jika
data yang sama disimpan pada tempat berbeda dan suatu ketika perubahan pada
sautu lokasi tidak diikuti dengan perubahan pada lokasi yang lain.
3.
Mendukung kecepatan berkomunikasi
Dengan jaringan computer,komunikasi dapat dilakukan dengan cepat dengan
mengirmkannya surat elektronis dengan mudah dan bahkan dapat bercakap-cakap
secara langsung melalui tulisan (Chatting) ataupun telekonfersi.
4. Memudahkan pengaksesan informasi
Seseorang dapat bepergian kemana saja dan tetap bisa mengakses data yang
terdapat pada server ketika ia membutuhkannya.pertumbuhan internet,salah satu
inflementasi jaringan terbesar di dunia,memungkinkan segala informasi yang ada
di dunia dapat dengan mudah didapatkan,siapapun dapat membaca berita tentang
hari ini,hasil riset,atau bahkan katalog-katalog yang berisi penawaran barang.
Contoh jaringan computer diperlihatkan pada gambar dibawah ini,data dan program
pada Hardisk yang terdapat pada computer A dapat mengakses dari computer B,C
dan D.CD-Rom Drive pada computer B dapat digunakan oleh computer C dan D Printer
pada computer C modem pada computer A dimngkinkan untuk diguankan oleh semua
computer yang ingin berkomunikasi ke internet.
2. Macam-macam jaringan Komputer
Ada 5 macam jenis
jaringan atau Network yaitu :
1. Local Area Network ( L A N )
LAN adalah jaringan yang mencakup area dalam satu ruang,satu
gedung atau beberapa gedung yang berdekatan.kebanyakan LAN menggunakan media
kabel untuk menghubungkan antara satu computer dengan computer lainnya.
Namun,ada yang tidak menggunakan kable tersebut wireless LAN (WLAN) atau
LAN tanpa kabel.
Menurut tipenya,LAN dapat berupa Client/server Atau Peer-to-peer
o Client Server,adalah suatu model jaringan yang memiliki
Client dan server.client adalah computer yang menerima layanan (bisa berupa data
atau perangkat keras seperti printer).sedangkan server adalah computer yang
bertindak untuk melayani permintaan Client.Fungsi server senderi sebenarnya
berupa perangkat lunak yang dijalankan pada perangkat keras yang umumnya
berupa computer.file server menangani berkas yang padat diaskes oleh
client.Printer server bertindak sebagai pengontrol printer yang dapat dignakan
oleh client.Web server menagani halaman-halaman web yang dapat diakses oleh
browser.mail sever menangani surat elektronis
o Peer-to-peer,menyatakan model jaringan yang memberikan
kedudukan yang sama bertindak sebagai server atau client secara eksplisit,oleh
karena itu tidak ada media penyimpanan yang bersifat global;dalam arti dipakai
oleh sejumlah computer.
2. Metropolitan Area Network (MAN)
MAN adalah jaringan yang mencakup
satu kota atau dengan rentang sekitar
10-15 Km.contohnya jaringan yang menghubungkan beberapa baik
yang terletak dalam satu lokasi,jaringan ini umunya menggunakan media tranmisi
dengan microgelombang radio.namun ada juga yang menggunakan jalur sewa.
3. Wide area Network (WAN)
WAN adalah jaringan yang
lingkupnya antar kota,antar propinsi,anatr Negara
Dan bahkan antar benua.contoh WAN adalah jaringan yang
menghubungkan ATM
4. Internet
Internet adalah
kumpulan jaringan yang terkoneksi dalam area yang luas
5. Jaringan Tanpa Kabel
Jaringan tanpa kabel asalah suatu solusi terhadap komunikasi
yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya
orang yang ingin mendapat informasi walaupun sedang berada di atas mobil atau
pesawat terbang, maka mutlak jaringan tanpa kabel diperlukan karena koneksi
kabel tindakan mungkin. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan
dengan manfaatnya jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih
cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel.
3. Topologi Jaringan
Topologi adalah suatu cara menghubungkan computer yang satu
dengan computer yang lainnya sehingga membentuk jaringan. Ada empat topologi
yang umum digunakan pada LAN yaitu:
1. Topologi Bintang (Star)
Topologi ini terdapat komponen yang bertindak sebagai pusat
pengontrol. Semua simpul yang hendak berkomunikasi selalu melalaui pusat.
Pengontrol tersebut, dalam hal ini pusat pengontrol berupa hub atau Swicht.
Kelebihan Topologi
Bintang :
- Mudah dikelola dan dihubungkan (penyebab
kegagalan mudah untuk diketahui)
- Kegagalan pada sebuah computer tidak
berpengaruh pada sebuah jaringan
- Kecepatan transfer data relative baik
- Mudah untuk di kembangkan jika ada penambahan
user/work station
Kelemahan Topologi
Bintang :
- Keegagalan pada pusat pengontrol akan
menyebabkan kegagalan jaringan secara keseluruhan
- Jika pusat pengontrol berupa hub (bukan berupa
switch) kecepatan transmisi menjadi lambat.
- Dapat terjadi tabrakan (collision) apabila
terjadi kepadatan lalu lintas data.
2. Topologi Bus
Topologi cincing adalah cara menghubungkan computer sehingga
berbentuk Ring (lingkrang). Data dikirimkan ke setiap simpul dan setiap
informasi yang diterima simpul diperiksa alamatnya apakah data itu untuknya
atau bukan.
Kelebihan Topologi
Cincing :
- Instalasi yang sederhana
- Menghindari tabrakan data (collision) karena
data akan bergerak hanya pada satu arah
- Semua work station (computer) akan mempunyai
status yang sama
Kelemahan Topologi
Cincing
- Kegagalan salah satu simpul, jika ada satu
saja simpul yang mengalami kegagalan, maka semua hubungan akan terputus.
- Sulit untuk dikembangkan jika kemudian hari
jumlah user bertambah
3.
Topologi Bus
Topologi Bus ini semua simpul dihubungkan melalui kabel yang
disebut Bus. Jika seorang pemakai megnirimkan pesan ke seorang pemakai lain
maka pesan tersebut melalui Bus
Topologi Bus Mempunyai
kelemahan :
- Jika kabel utama (Bus) putus, maka semua
computer tidak bisa saling berhubungan
- Jika kabel utama sangat panjang dan terdapat
gangguan, pencarian penyebab masalah menjadi sangat sulit
- Jika ban yak computer yang aktif (mengirim
pesan) akan serijng terjadi tabrakan sehingga mengakibatkan kecepatan pengirim
data terjadi berkurang
- Sulit untuk dikembangkan jika di kemudian hari
jumlah user bertambah
Kelebihan Topologi Bus
:
- Instalasi rendah
- Biaya murah, karena perangkat yang digunakan
tidak banyak dan relative tidak mahal
- Setiap computer independent, artinya kerusakan
pada satu unit tidak akan mengganggu jaringan keseluruhan
4.
Topologi Pohon
topologi pohon merupakan pengemabangan dari
topologi bintang, dengan salah satu simpul menjadi pengontrol bagi
sejumlah simpul yang berada dibawahnya,topologi ini biasa digunakan pada LAN mengingat
kemudahan untuk melakukan ekspansi dan mengurangi keruwetan kabel.Dengan
menggunakan hub tambahan,sejumlah computer (atau piranti yang lain) dapat
menghubungkan dengan mudah.
4. komunikasi menggunakan media Kabel dan
Nirkabel (wireless)
a. komunikasi Data
Menggunakan Kabel
Kabel merupakan salah satu jenis
media transmisi Guinded yang mentramisikan sekaligus memandu arah
pengiriman data.Komunikasi data berbasis kabel memungkinkan untuk
dilakukan jika jarak antara pengiriman dan menerima tidak terlalu jauh dan
berada dalam area local.yang sering dijumpai adalah telepon kemudian juga
jaringan computer area local (LAN)
b. media Transmisi
Nirkabel
Tidak semua jaringan berhubungan menggunakan
kabel.Ada diantaranya menggunakan Wireless.LAN yang menggunakan Wireless
menggunakan Frekuensi radio,inframerah ataupun sinar laser untuk berkomunikasi
diantara work station,file server ataupun hub gelombang radio.Jaringan model
Wireless ini sangat baik untuk computer Laptop atau computer remote untuk
berkoneksi ke LAN.Wireless juga mengantukan apabila disebuah gedung
sanngat sulit dalam memasang jaringan.
Penggunaan jaringan untuk
komunikasi data dengan menggunakan wireless ini mempunyai beberapa kelemahan
sebagai berikut:
- Biaya implementasi yang cukup mahal
- Tidak aman,dan riskan terhadap interferensi
cahaya dan listrik
- Transfer data lebih lambat dibandingkan
dengan pengguna kabe.
C. PERANGKAT LUNAK
DALAM SISTEM INFORMASI
Dalam suatu computer,bisa bekerja atas dasar instruksi dari user atau pemakai.sekumpulan instruksi diperlukan untuk mengatur
jalannya perangkat keras dalam computer,Instruksi inilah yang disebut program
atau perangakat lunak atau software.
Berdasarkan fungsinya,perangkat lunak dapat dikelompokkan ke dalam dua kelompok
yaitu :
1.
Perangkat lunak
system,antara lain :
- Sistem operasi
- Bahasa pemrograman
- Utilitas
2.
perangkat lunak
aplikasi,antara lain :
- Aplikasi perkantoran
- Aplikasi Multimedia
- Aplikasi Internet dan jaringan
- Alikasi Khusus
1. fungsi Sistem Operasi
system operasi adalah perangkat lunak yang mengatur dan
mengendalikan perangkat keras computer agar dapat dijalankan oleh pengguna yang
mempunyai fungsi dan tugas sebagai berikut :
- Mengelola proses jalannya suatu program dalam
computer
- Mengelola pemakaian sumber daya komponen
perangkat keras computer pada saat computer sedang dijalankan.
- Mengelola Akses Data dalam Piranti penyimpan
sekunder maupun dalam memori utama.
Macam-macam perangkat
lunak system operasi adalah sebagai berikut :
- DOS
- UNIX
- Windows 95/Windows Me/Windows XP
- MACITOSH
- LINUX
2. Perangkat Lunak Bahasa Pemrograman
Perangkat lunak bahasa pemrograman merupakan perangkat lunak
yang mengkonversi algortma yang telah dirancang oleh pengguna/pemrograman ke
dalam bahasa yang dimengerti oleh computer.Terdapat 4 kelompok generasi bahasa
pemrograman adalah :
- Generasi pertama (bahasa mesin)
- Generasi Kedua (Bahasa Assembly).
- Generasi Ketiga (Bahasa pemrograman tingkat
tinggi)
- Generasi keempat
3. Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia
Perkembangan perangkat lunak ini di dukung
dengan perkembangan pesat tehnologi multimedia, yaitu tehnologi yang
menggabungkan kemampuan teks, gambar, suara, animasi gambar dan video.
Beberapa perangkat lunak yang terkait dengan multi media anatar lain : Corel
Draw, Realplayer, Adobe premiere, pinacle, Ulead studio dan Micromedia Flash
MX.
4. Perangkat Lunak Aplikasi Internet, Komunikasi
dan Jaringan
Beberapa perangkat lunak yang terkait dengan
internet, Komunikasi dan jaringan, jenisnya antara lain adalah :
a. Web Browser adalah perangkat lunak yang
berguna untuk mengakses informasi di internet.
b. E-mail sortware adalah salah satu sarana yang
digunakan dalam internet untuk berkirim surat.
c. Chatting adalah suatu perangkat lunak yang
memungkinkan para penggunanya berkomunikasi melalui internet denan
menggunakan teks secara Real-Time.
5. Perangkat Lunak Aplikasi Khusus
Perangkat lunak yang ditujukan pada
bidang-bidang khusus, contohnya :
- Program SPSS, merupakan perangkat lunak untuk
analisis data statistik.
- Program Mathematica dan MAPLE, merupakan
perangkat lunak bidang kajian matematika.
- Program Auto Cad, merupakan lunak untuk desain
ilmu-ilmu tehnik dan arsitektur.
- Program MYOB, DEA, GL, merupakan perangkat
lunak akuntansi.
6. Perangkat Lunak Utilitis.
Perangkat lunak yang ditujukan untuk menunjang
fungsionalitas perangkat lunak system operasi. Seperti untuk manangkat virus
komputer diperlukan antivirus misalnya Norton Antivirus atau McAfee.
D. KEGUNAAN DARI BEBERAPA PROGRAM APLIKASI
Perkembangan program aplikasi akan menuntun
perkembangan perangkat kerasnya. Pada bahasan ini anda dapat memahami beberap
kegunaan program aplikasi.
a. Aplikasi Perkantoran.
Perangkat
lunak yang ditujukan untuk membantu tugas-tugas yang sering dilakukan pada
sebuah kantor atau perusahaan. Perangkat lunak yang termasuk di dalamnya adalah
:
1. Spreadsheet.
Adalah program untuk mengola data dalam bentuk
table. Dalam perangkat lunak ini terdapat fungsi-fungsi khusus yang mencakup
rumus-rumus keuangan matematika, statistika sehingga akan membantu pemakainya
dalam menyelesaikan pekerjaan. Contohnya Microsoft Excel.
2.
Word Prosessor
Adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat
dokumen.contohnya Microsoft word.
3.
Program Presentasi
Adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat bahan
presentasi dan sekaligus untuk berpresentasi.Contonya Microsoft power
point
4.
Data Base management
Sistem
Adalah perangkat lunak yang ditujukan untuk melaksanakan
manajemen data.contohnya : Microsoft access,Microsoft Visual,Foxpro,dll.
b. perangkat lunak Aplikasi Multimedia
perkembangan perangkat lunak ini didukung dengan perkembangan pesat teknologi
multimedia,yaitu teknologi yang menggabungkan kemapuan
teks,gambar,suara,animasi gambar dan video.perangkat lunak yang terkait dengan
multimedia antara lain :
1.
Corel Draw, adobe
photoshop,merupakan perangkat lunak untuk aplikasi desain grafis yang banyak
digunakan untuk mendesain brosur,spanduk,animasi,dll.
2.
realplayer,merupakan
perangkat lunak untuk memainkan file musik video dan itertaiment.
3.
Adobe
Premiere,merupakan perangkat lunak untuk membuat dan mengedit film dalam
berbagai format.
4.
Macromedia Flash
MX,merupakan perangkat lunak untuk membuat aplikasi animasi.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
1. Dengan selesainya makalah yang kami susun ini,maka kami
selaku penulis akan menyimpulkan bahwa,proses kerja computer dan telekomunikasi
mempunyai bagian-bagian seperti :
·
Data dan informasi,dan
·
Siklus proses
informasi siklus ini dibedakan menjadi 3 tahap yaitu tahap pengumpulan data
tahap pegolahan,dan tahap penyelesaian
·
Dan memiliki berbagai
peralatan teknologi informasi dan komunikasi yaitu
·
Peralatan masukan
input terdiri dari keyboard,mouse
·
Peralatan
proses,terdiri dari prosessor,ROM,RAM
·
Peralatan penyimpanan
terdiri dari disket,USB flash memory,hardisk,dan CD (Compact disk)
·
Peralatan tambahan
(periferel) terdiri dari modem,music card
·
Peralatan keluaran
terdiri dari,monitor,printer,dan speaker
3.
fungsi dan cara kerja
jaringan telekomunikasi (wirenne,wireless,modem,dan sateint)terdiri dari 3
fungsi yaitu :
a. dapat berbagi perangkat keras
b. dapat berbagi program atau data
c. mendukung kecepatan berkomunikasi,dan
d. memudahkan pengaksesan informasi
Macam-macam jaringan computer ada 5 jenis jaringan atau network,yaitu :
a. local Area Network (LAN)
b. Metropolitan Area Network (MAN)
c. Wide Area Network (WAN)
d. Intenet,dan
e. Jaringan tanpa kabel
Topologi jaringan adalah cara menghubungkan computer yang satu
dengan lain sehingga membentuk jaringan.
Ada 4 topologi yang umum digunakan LAN yaitu :
a. Topologi bintang (star)
b. Topologi cincing (ring)
c. Topologi bus,dan
d. Topologi pohon
4.
perangkat lunak dalam
system infomasi,antara lain
1.
system
operasi,berfungsi mengatur dan mengendalikan perangkat computer agar dapat
dijalankan oleh pengguna
2.
perangkat lunak bahasa
permrograman
terdapat 4 kelompok
bahasa pemprograman yaitu :
- generasi pertama (Bahasa mesin)
- generasi kedua (bahasa Assembiy)
- generasi ketiga (bahasa pemrograman tinggi)
- generasi keempat
3.
perangkat lunak
Aplikasi Multimedia
4.
perangkat lunak
Aplikasi Khusus
5.
Perangkat lunak
Aplikasi internet,komunikasi dan jaringan
6.
Perangkat lunak
utirtis
5.
beberapa kegunaan
program aplikasi,yaitu
a. Aplikasi
perkantoran
perangkat lunak yang termasuk didalamnya adalah
- spreadsheet
- word Processor
- Program Presntasi
- Data base management Sistem
b. Perangkat lunak
Aplikasi multimedia
perangkat lunak yang terkait dengan multimedia,antara lain :
- Corel Draw
- Realplayer
- Adobe Primeire
- Macromedia Flash MX.
B. Saran-saran
Dengan selesainya makalah ini,maka penulis dapat menyampaikan saran-saran
sebagai berikkut :
1. Kami berharap kepada semua siswa dan guru agar
dapat memberikan kritik dan saran supaya siswa-siswi dengan mudah
memerima materi supaya lebih leluasa bertanya kepada guru tentang apa yang
tidak diketahuinya
2. agar siswa siswi mampu memperhatikan
prestsinya dan mampu mengembangkan wawasannya dan menerima materi dari guru
supaya siswa siswi dengan mudah mengetahuinya
3. siswa siswi juga harus sering melakukan kerja
kelompok atau diskusi,bersama teman yang lain supaya dapat membagi atau saling
tukar pikiran antara siswa yang satu dengan yang lainnya.
4. di sampig itu guru harus mampu menjelaskan
kepada siswa siswi apa yang menyebabkan kejelasan atau proses kerja computer
dan peralatan-peralatan computer maka dari itu guru harus mampu memberikan
pengamatanm serta teori-teori didalam membawakan materi ini.
5. agar siswa siswi tidak bingun dalam melakukan
sesuatu dalam kelas maka dari itu guru harus mampu memberikan kritikan dan
saran yang baik agar siswa siswi cepat mengerti apabila guru sedang
menjelaskan.
DAFTAR PUSTAKA
Edi purwanto Drs.Dkk Teknologi informasi dan
Komunikasi surakarta : Yudhistira,2003
N H fairus,teknologi
informasi dan komunikasi Jakarta : Ganece exact,2004
N.H Fairus,Teknologi informasi
dan komunikasi Jakarta : tiga serangkai,2004
Margianto,S.Pd
teknologi dan komunikasi surakarta pustaka manggala,2006
Jani Kusanti,S.kom.dkk
teknologi informasi dan informasi surakata: Garahadi 2006
Syahrir,A.Md.Kom.
Teori aplikasi merakit computer system jaringan dan internet
Posting Komentar