DAFTAR ISI
Halaman
Judul ................................................................................................. i
Daftar
Isi ......................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Masalah ...................................................................... 1
B. Rumusan
Masalah ................................................................................ 2
C. Tujuan
Penulisan .................................................................................. 2
BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian
Software ............................................................................ 3
B. Jenis-jenis
Software............................................................................. 4
C. Identifikasi
Jenis-jenis
Software.......................................................... 6
D. Bahasa
Pemrograman .......................................................................... 9
E. Sejarah
Software dan
Perkembangannya............................................ 15
F. Macam-macam
Software Berdasarkan kategori................................... 20
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan
......................................................................................
21
B. Saran..................................................................................................
22
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
Dewasa ini perkembangan dan kemajuaan teknologi informasi
dan komunikasi telah berkembang dengan sangat pesat. Berbagai kemudahan
memperoleh informasi dari berbagai penjuru dunia dapat kita nikmati dalam
hitungan detik. Pada saat " Zaman Batu " teknologi informasi dan
komunikasi dianggap sebagai sesuatu yang tidak mungkin, kini telah menjadi
kenyataan. Dengan teknologi yang luas ini kita harus dapat memanfaatkannya.
Diantara teknologi informasi yang hampir disetiap tempat
kita temukan adalah computer. Sekarang computer sangat berkembang pesat hampir
setiap tahun computer selalu mengalami perkembangan.Orang bisa menggunakan
computer dimana saja dirumah, dikafe, disekolah, dan ditempat lainnya.
Sedangkan model dan design dari computer itu sendiri juga mengalami perkembangan.
Dulu apabila orang ingin menggunakan computer maka hanya bias dikantor atau
dirumah, kalau sekarang mereka bias menggunakan computer tersebut dimana saja
yang mereka inginkan.
Software yang kita gunakan sekarang ini tidak serta merta
muncul begitu saja melainkan melalui proses yang panjang dalam evolusinya. Hal
ihwal munculnya komputer mungkin dapat dilihat dalam kilas balik sejarah sejak
digunakannya Abacus ditemukan di Babilonia (Irak) sekitar 5000 tahun yang
lalu – sebagai alat perhitungan manual yang pertama, baik di lingkup sekolah
maupun kalangan pedagang, saat itu. Pada periode selanjutnya telah banyak
ditemukan alat-alat hitung mekanikal sejenis yaitu Pascaline yang ditemukan
oleh Blaine Pascal pada tahun 1642, Arithometer oleh Charles Xavier Thomas de
Colmar pada tahun 1820, Babbage’s Folly oleh Charles Babbage pada tahun 1822,
dan Hollerith oleh Herman Hollerith pada tahun 1889. Kesemuanya masih berbentuk
mesin sepenuhnya tanpa tenaga listrik. Ukuran dan kerumitan strukturnya
berdasarkan atas tingkat pengoperasian perhitungan yang dilakukan. Barulah pada
tahun 1940, era baru komputer elektrik dimulai sejak ditemukannya komputer
elektrik yang menerapkan system ajabar Boolean.
B. Rumusan
Masalah
1. Apa arti dari software?
2. Bagaimana menggunakan software?
3. Masalah apa yang sering terjadi dalam software?
C. Tujuan Penulisan
Adapun maksud penulis memilih judul software komputer adalah
untuk mengetahui perkembangan teknologi dari pertama ditemukan sampai sekarang,
dan meningkatkan ilmu pengetahuan dalam bidang teknologi informasi khususnya
dalam badang software komputer.
BAB II
PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN
SOFRTWARE
Software disebut dengan perangkat lunak, merupakan kumpulan
beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan
pekerjaannya. Perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk
menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.
Kebanyakan masyarakat saat ini membagi komputer menjadi dua
bagian . Bagian pertama adalah hardware yang merupakan perangkat fisik yang ada
di dalam komputer. Dan bagian yang kedua adalah software komputer, yang
memberitahukan hardware mengenai apa yang harus dilakukan dan bagaimana
melakukannya.
Sebagian besar dari software komputer dibuat oleh programmer
dengan menggunakan bahasa pemrograman. Programer menuliskan perintah dalam
bahasa pemrograman seperti layaknya bahasa yang digunakan oleh orang pada
umumnya dalam melakukan perbincangan. Perintah-perintah tersebut dinamakan
“Source Code”. Program komputer lainnya dinamakan Compiler yang digunakan pada
source code, dan kemudian mengubah perintah tersebut ke bahasa yang dapat
dimengerti oleh komputer. Dan hasilnya dinamakan program executable (EXE).
B. JENIS-JENIS
SOFTWARE
Secara umum, ada dua jenis software. Pertama adalah software
aplikasi. Software aplikasi adalah software yang dibuat untuk tujuan atau
kepentingan spesifik, contohnya Notepad untuk teks editor, Winamp untuk memutar
file audio, dan sebagainya. Kedua adalah software sistem. Software sistem
adalah software yang menjadi tempat semua software aplikasi berjalan .
Contohnya adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OS, dan sebagainya.
Menurut cara memperolehnya (harga beli dan legalitas),
software dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Jenis pertama adalah freeware.
Software yang bersifat freeware dapat digunakan tanpa biaya, namun masih
memiliki batasan atas hak cipta pengguna.
Jenis yang kedua adalah shareware. Shareware adalah software
yang dapat digunakan tanpa biaya dalam jangka waktu tertentu. Setelah jangka
waktu tersebut selesai, pengguna diberi pilihan, apakah akan melanjutkan
menggunakan software tersebut (dengan konsekuensi membayar) atau tidak
menggunakan lagi software tersebut. Beberapa contoh dari shareware ini misalnya
StyleXP, Window Blinds, WinRAR, dan sebagainya.
Ketiga, propietary software. Intinya, propietary software
itu hampir sama dengan barang yang bisa kita beli di pasar. Jika kita ingin
menggunakannya, kita harus membelinya. Propietary software sangat dibatasi oleh
hak cipta.
Jenis
keempat yang mulai populer adalah open source software. Berbeda dengan jenis
software sebelumnya, open source software memberikan kebebasan kepada kita
untuk menggunakan, mengubah sesuai dengan kebutuhan, dan medistribusikan kembali,
baik software aslinya maupun yang telah kita ubah. Berikutnama software dan
penggunaannya :
1. Xing MPEG
Player :
memutar CD, VCD
2. Linguist
kamus :
bahasa inggris
3. Winamp :
memutar lagu - lagu MP3
4. Total Fonts
2002 :
koleksi jenis huruf
5. Microsoft
Word :
pengetikan
6. Microsoft
Excel :
pembuatan tabel – tabel
7. Microsoft Front
Page :
pembuatan web site
8. Microsoft Power
Point :
pembuatan presentasi
9. Microsoft
Outlook :
pengaturan jadwal, email, nbr tlp, dll
10. Adobe Acrobat Reader :
program pembaca dokumen tutorial
11. LinSys
3D :
gambar 3 dimensi
12. Winzip :
program kompres file (memperkecil ukuran ) Macromedia
13. Dreamweaver :
pembuatan web site
14. Macromedia
Flash :
pembuatan gambar animasi
15. Macromedia Free
Hand :
pembuatan gambar
16. Visual
Studio :
komputer programming
17. Microsoft Web
Publishing :
pengiriman data website ke dunia internet
18. Corel
Draw :
pembuatan gambar
19. ACD :
See melihat - lihat gambar
20. Swish :
pembuatan animasi
C. IDENTIFIKASI
JENIS-JENIS SOFTWARE
1. Sistem Operasi Sistem
operasi merupakan sofware yang pertama kali dibaca oleh komputer pada saat
booting sebagai dasar pengoperasian komputer. Terdapat 2 jenis sistem operasi
berdasarkan tampilan antarmuka kepada penggunanya (user interface) yaitu yang
berbasis CUI (Character User Interface) dan berbasis GUI (Graphical User
Interface). Sistem operasi berbasis CUI, misalnya : DOS (Disk Operating Sistem)
dan Sistem Operasi UNIX dan Linux pada mode terminal atau konsol. Sedangkan
sistem operasi berbasis GUI, misalnya : Microsoft Windows 9x, 2000, NT, XP,
serta sistem operasi UNIX dan Linux yang telah mendukung GUI.
2. Program Bantu dan
Program Tambahan Program bantu (utility) merupakan program yang digunakan untuk
mengisi kekurangan atau menampilkan kembali file suatu sistem operasi yang
terhapus. PC Tools dan Norton Utilities merupakan contoh dari program ini.
Salah satu dari kelemahan DOS adalah tidak mampu bekerja di sistem jaringan.
Oleh karena itu beberapa perusahaan membuat program tambahan yang dapat
mengubah sistem DOS tersebut (single user atau stand alone system) menjadi
sistem operasi yang dapat digunakan oleh banyak pemakai (multiuser). Netware,
Token R ing dan Lantastic merukan contoh-contoh program ini.
3. Bahasa Komputer
(Computer Language) Computer Language merupakan bahasa yang digunakan untuk
membuat program komputer. Yang termasuk dalam jenis ini adalah :
a. Low
Level Language, merupakan bahasa tingkat rendah karena sulit dipahami dan hanya
dapat dimengerti oleh pembuatnya.
b. High
Level Language, merupakan bahasa tingkat tinggi karena menggunakan kata-kata
yang mudah dimengerti. Ada pula beberapa tipe software, diantaranya :
a. Software Games Jenis software ini termasuk
dalam kategori entertainment atau hiburan, software ini memiliki berbagai macam
jenis. Jenis-jenis tersebut seperti MMOs (Massive Multiplayer Online games),
first-person shooters, action games, roleplaying games, and game petualangan.
b. Software
Driver Program in mengijinkan komputer untuk dapat berinteraksi dengan
perangkat hardware tambahan seperti printer, scanner, dan video cards.
c. Software
Pendidikan berbeda dengan jenis program sebelumnya, software pendidikan ini
dapat mengajarkan apapun dari komputer, melakukan aktifitas yang berhubungan
seperti mengetik atau berbagai macam jenis pendidikan lainnya seperti kimia.
d. Media
player dan pengembangan software media lainnya – Software yang dibuat untuk dapat
memainkan atau mengedit media digital seperti file music atau video.
e. Software
Produktifitas Jenis software ini mengijinkan pengguna untuk lebih produktif
baik itu dalam menjalankan bisnis atau menjalankan aktifitas produktif lainnya.
Contoh dari software ini adalah software pengolah huruf (Ms Words), Software
pengatur database, software presentasi dan beberapa software lainnya.
f. Operating
sistem software yang merupakan sumber dari software lainnya yang
dapat mengijinkan software lainnya untuk berjalan. Contoh dari software
operating sistem ini adalah Window Vista, Mac OS X dan Linux, Apple, Machintos
dll, dan pada software inilah program aplikasi lainnya di install.
g. Software
Aplikasi Software yang diinstal pada komputer yang sesuai dengan os yang ada,
dimana software aplikasi ini diinstal sesuai dengan kebutuhan User (Pengguna)
contohnya, MS Office (Ms Word, Ms Excell, Ms Power Point dll), Software Grafis
(Adobe Photoshope, Corel Draw, Autocad dll)
h. Software
Program Software yang berfungsi untuk membuat aplikasi-aplikasi program
(Membuat Program baru) seperti program Games, Program data Base, Program Web
dll, Contoh Software Program : Visual Basic, Cobol, C++, Program PHP dll
i. Software
Aplikasi Tools Program-program yang berfungsi untuk mempercepat, memperbaiki,
dan mempermudah pengoperasian komputer.
D. BAHASA
PEMROGRAMAN
1. Pemrograman
Prosedural (Procedural Programming) :
Algoritma
berisi urutan langkah-langkah penyelesaian masalah. Ini berarti algoritma
adalah proses yang procedural.
2. Pemrograman
Terstruktur (Structured Programming
Contoh
bahasa pemrograman terstruktur : Pascal. Cobol, RPG, ADA, C.
3. Pemrograman
Modular(Modular Programming)
Program-program
yang besar cenderung sulit terutama karena kompleksitas dari program tersebut,
dan banyak bagian dengan hubungan yang rumit dan detail yang sebenarnya tidak
perlu. Salah satu metode dalam penyusunan program terstruktur adalah
pemrograman modular.
4. Pemrograman
Fungsional (Functional Programming) :
Contoh
bahasa pemrograman fungsional : Lisp, Scheme, ML, Haskell,
Erlang.
5. Pemrograman
Berorientasi Objek (OOP/Object-Oriented Programming) :
Object
/ Objek : Elemen yang memiliki fungsi, metode, karakteristik tertentu yang
dapat dibedakan dalam dunia nyata.
Berikut
adalah macam bahasa pemrograman lain yang perlu anda ketahui
:
1. Bahasa Pemrograman HTML HyperText Markup
Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah
halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser
Internet. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan
dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML berupa
kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai
dengan yang diinginkan. Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka
dengan menggunakan browser web seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet
Explorer.
2. Bahasa Pemrograman PHP PHP adalah bahasa
pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini. PHP pertama kali dibuat
oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama FI (Form
Interpreted), yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk
mengolah data form dari web. PHP banyak dipakai untuk membuat situs web yang
dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain.
PHP biasanya berjalan pada sistem operasi linux (PHP juga bisa dijalankan
dengan hosting windows).
3. Bahasa Pemrograman ASP ASP adalah
singkatan dari Active Server Pages yang merupakan salah satu bahasa pemograman
web untuk menciptakan halaman web yang dinamis. ASP merupakan salah satu produk
teknologi yang disediakan oleh Microsoft. ASP bekerja pada web server dan
merupakan server side scripting.
4. Bahasa Pemrograman XML Extensible Markup
Language (XML) adalah bahasa markup serbaguna yang direkomendasikan W3C untuk
mendeskripsikan berbagai macam data. XML menggunakan markup tags seperti halnya
HTML namun penggunaannya tidak terbatas pada tampilan halaman web saja. XML
merupakan suatu metode dalam membuat penanda/markup pada sebuah dokumen.
5. Bahasa Pemrograman WML WML adalah
kepanjangan dari Wireless Markup Language, yaitu bahasa pemrograman yang
digunakan dalam aplikasi berbasis XML (eXtensible Markup Langauge). WML ini
adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi wireless. WML merupakan
analogi dari HTML yang berjalan pada protocol nirkabel.
6. Bahasa Pemrograman PERL Perl adalah
bahasa pemrograman untuk mesin dengan sistem operasi Unix (SunOS, Linux, BSD,
HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows, PowerPC, BeOS,
VMS, EBCDIC, dan PocketPC. PERL merupakan bahasa pemograman yang mirip bahasa
pemograman C.
7. Bahasa Pemrograman CFM Cfm dibuat
menggunakan tag ColdFusion dengan software Adobe ColdFusion / BlueDragon /
Coldfusion Studio. Syntax coldfusion berbasis html.
8. Bahasa Pemrograman Javascript Javascript
adalah bahasa scripting yang handal yang berjalan pada sisi client. JavaScript
merupakan sebuah bahasa scripting yang dikembangkan oleh Netscape. Untuk
menjalankan script yang ditulis dengan JavaScript kita membutuhkan
JavaScript-enabled browser yaitu browser yang mampu menjalankan JavaScript.
9. Bahasa Pemrograman CSS Cascading Style
Sheets (CSS) adalah suatu bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur
tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup. Penggunaan yang paling
umum dari CSS adalah untuk memformat halaman web yang ditulis dengan HTML dan
XHTML. Walaupun demikian, bahasanya sendiri dapat dipergunakan untuk semua
jenis dokumen XML termasuk SVG dan XUL. Spesifikasi CSS diatur oleh World Wide
Web Consortium (W3C).
b.
Sistem Operasi
Dalam Ilmu komputer, Sistem operasi atau dalam bahasa
Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas
untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi
dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program
pengolah kata dan browser web.
Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian
:
1. Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel
ke dalam memory
2. Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem
3. Operasi Command Interpreter atau shell,
yang bertugas membaca input dari pengguna.
4. Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan
kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
5. Driver untuk berinteraksi dengan
hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka. Sistem operasi-sistem
operasi utama yang digunakan komputer sistem umum (termasuk PC, komputer
personal) terbagi menjadi 3 kelompok besar:
1. Keluarga Microsoft Windows - yang antara
lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x),
Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x,
Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista,
Windows 7 (Seven) yang akan dirilis pada tahun 2009, dan Windows Orient yang
akan dirilis pada tahun (2014)
2. Keluarga Unix yang
menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD
(Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang
dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.
3. Mac OS, adalah sistem
operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem
operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.4 (Tiger). Awal tahun 2007
direncanakan peluncuran versi 10.5 (Leopard). Sedangkan komputer Mainframe, dan
Super komputer menggunakan banyak sekali sistem operasi yang berbeda-beda,
umumnya merupakan turunan dari sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh
vendor seperti IBM AIX, HP/UX, dll.
c.
Program Aplikasi
Prosesor mengeksekusi program-program komputer. Prosesor
adalah sebuah chip dalam sistem komputer yang menjalankan instruksi-instruksi
program komputer. Dalam setiap detiknya prosesor dapat menjalankan jutaan
instruksi.
E. SEJARAH
SOFTWARE DAN PERKEMBANGANNYA
Sejarah metodologi pengembangan software seperti pencarian
peluru perak, yang tujuan utamanya adalah mengatur kompleksitas sistem software
dengan suatu cara. Persepsi personal sya(pengarang software developtment book):
mengembangkan sistem software yang kompleks,cukup kompleks, membutuhkan waktu
dan biaya yang cukup besar. kita akan melihat pada lima metodologi secara garis
besar yang biasanya dikembangkan dan digunakan.
Metodologi Object Oriented Programming (OOP) berkembang dari
ide structrured programming. OOP mengatur komplesitas software dengan
memaketkan kode dan data yang biasa digunakan bersama. Biasanya kita samakan
dengan object pada dunia nyata. pada OOP, kita kadang kadang memodelkan object
dunia nyata(ex: menulis program simulasi, ketika pertamakali konsep OOP
dikembangkan) sebagai object software dan juga sebagai model benda non-material
seperti prosess, cara mengorganisasi informasi dan lain sebagainya sebagai
object software. Sebuah object software dapat menjaga internal statenya
sendiri. Hal ini sangat berbeda dengan program terstruktur yang kodenya bisa
terstruktur dan dapat dimengerti dengan mudah, tetapi global data yang dipakai
bersama terdapat pada semua bagian sistem software-termasuk didalamnya bagian
tanpa kebutuhan untuk akses atau modifikasi data tersebut.
Design Patterns.
Pada pengembangan software, penggunaan design patern
didasarkan pada observasi bahwa beberapa proyek software gagal sementara proyek
yang mirip berhasil (hal ini dapat berupa pola managemen, pole penjadwalan,
pola testing dll). pada desain software, penggunaan pola didasarkan pada
observasi lebih lanjut pada pola desain umum untuk tugas yang hampir sama
digunakan berulangkali untuk proyek yang berhasil.
Extreme Programming Extreme programming didasarkan pada
identifikasi kebutuhan kostumer dan berkonsentrasi pada pengembangan dan
pembuatan kebutuhan pelanggan (kostumer) dengan cepat. menggunakan desain sederhana
untuk berkomunikasi dengan pelanggan, pengembang extreme secara teratur
mengembangkan software dengan prioritas pada keperluan yang paling penting.
Extreme programming merupakan pendekatan yang berbeda dengan
skenario tradisional yang memerlukan waktu baik pengembang maupun pelanggan
untuk mencoba (biasanya dengan tingkat kesuksesan yang terbatas)
mendokumentasikan secara detail software yang telah dikembangkan selama
beberapa lama waktu yang dihabiskan. pengembang yang berpengalaman mengerti bahwa
implementasi yang ter-stag secara positif berpengaruh pada proses desain.
extreme programming secara special efektif ketika kebutuhan kompleks dan tidak
memerlukan hal seperti sebelumnya.
Extreme programming biasanya dideskripsikan sebagai sebuah
phrase yang cukup berarti bagi penulis: test driven programming. menulis kode
test sebelum menulis kode aplikasi. kemudian menulis software cukup untuk
memenuhi unit test. tidak diijinkan untuk mengubah kode software sebelum
seluruh test unit dilalui. gunakan tools seperti Unit (www.junit.org) untuk
menulis test yang terotomasi.
Aspect oriented Programming ide utama dibalik aspect
oriented programming (AOP) adalah pemisahan konsentrasi sistem software pada
bagian yang berbeda. pada prinsipnya, pilosofi ini mengijinkan pengembangan
sistem yang lebih modular, dengan modularitasnya terkontrol oleh konsentrasi
pengembangan yang berbeda. untuk programmer java, direkomendasikan untuk
mencari AspectJ project (eclipse.org/aspectj). Sebagai kutipan yang didapat
dari situs web AspectJ : “AspectJ enables the clean modularization of
crosscutting concerns such as:error checking and handling, synchronization,
context-sensitive behavior, performance optimizations, monitoring and logging,
debugging support, multi-object protocols” Baik free eclipse java IDE
(www.eclipse.org) dan IntelliJ Java IDE yang berbayar(www.intellij.com)
keduanya mendukung AspectJ.Aspectj adalah sebuah ekstensi (perluasan) bahasa
java dan membutuhkan preprocessing. catatan: meskipun telah mengikuti AOP, penulis
masih belum menggunakannya pada proyek nyata.
Jika kita amati sekarang ini gerakan Open Source sudah mulai
merambah di Indonesia yang identik dengan Sistem Operasi Linux. Open Source
yang akrab terdengar di telinga orang-orang TI dapat dikatakan sebagai source
code yang terbuka bagi siapa saja yang ingin mempelajari maupun ikut
mengembangkan. Source Code ini disertakan dengan distribusi paket software yang
sudah jadi (hasil kompilasi) sehingga pembeli ataupun pengguna software dapat
membedah software tersebut sesuai dengan keperluanya. Bahkan dapat ikut
memperbaiki Bug atau kesalahan logika dalam software tersebut.
Salah satu Open Source yang sangat terkenal yaitu sistem
operasi linux, setiap distribusinya vendor selalu menyertai source kode linux.
Satu hal yang perlu ditekankan bahwa software open source tidak selalu gratis
tetapi ada biaya yang dikeluarkan untuk membeli software tersebut. Sebagai
contoh Sistem Operasi RedHat Linux yang dapat dibeli dengan harga yang murah.
Lalu apa bedanya Sistem Operasi Open Source dengan Sistem Operasi Close Source
seperti yang dipunyai pak Bill Gates? Dalam banyak kasus, bila terjadi Bug
dalam software yang Close Source pengguna sangat tergantung kepada vendor yang
harus menunggu update untuk memperbaikinya. Seringkali vendor kurang cepat
merespons perkembangan terkini dan permintaan pengguna.
Bagaimana dengan Open Source? Ya, Open Source adalah salah
satu solusi yang menjanjikan saat ini bagi suatu perusahaan. Perusahaan dapat
membelinya dengan biaya yang jauh lebih murah dan perbaikan maupun keperluan
software tersebut dapat dilakukan oleh staf TI perusahaan itu sendiri. Sehingga
apa yang terjadi? Dengan software yang open source dapat mendorong semangat
tenaga-tenaga TI untuk mempelajari source code tersebut, dapat menganalisa
dimana kelemahan software, apa sesungguhnya proses yang berlangsung dalam kerja
software, dan sekaligus mencari solusi terhadap kelemahan software yang
ditemui. Atau yang lebih ekstrim adalah memodifikasi software sedemikian rupa
agar lebih ergonomis / pas digunakan sesuai dengan keperluan.
Open Source secara tidak langsung mendorongan tenaga TI
tidak hanya menjadi End User yang hanya mampu memanfaatkan hasil kerja orang
lain. Dengan demikian jika tenaga TI negeri kita hanya berlaku sebagai End User
maka bidang TI negara kita akan tertinggal dengan negara-negara lain. Maka
dengan adanya Open Source dapat dipelajari source code software dan dapat
menganalisa teknik yang digunakan dalam pembuatan software tersebut yang
nantinya pengetahuan tersebut dapat dimanfaatkan untuk merancang aplikasi yang
berguna.
Dengan melihat perkembangan Open Source yang melaju dengan
pesat beberapa waktu yang lalu pemerintah kita Indonesia telah menerapkan Open
Source Software yang dideklarasikan dalam Indonesia Go Open Source (IGOS) yang
bertujuan untuk mengurangi kesenjangan negara kita dengan negara maju. Semoga
langkah yang baik ini sebagai awal perkembangan software Indonesia dan didukung
oleh tenaga TI Indonesia dan seluruh lapisan masyarakat Indonesia.
1. Software "PC
Inspector File Recovery 3.0"
2. Software
"PrayAlert Personal Edition 1.3.1015
3. Software
"RAMBooster 1.6"
4. Software
"Subseven: Firewall 1.0"
5. Software
"Ad-aware 6.0"
6. Software "Ad
Blocker 4Google2 2.3.3"
7. Software "Mozilla
Firefox 1.0"
8. Software "FxFoto
2.0.043"
9. Software
"Download Manager"
b)
Paket aneka E-book:
1. E-book "Tips & Tricks
Carding"
2. E-book "Apa itu Ebook?"
3. E-book "Cara Membuat Ebook?"
4. E-book "Tips Otomotif"
F. MACAM-MACAM SOFTWARE BERDASARKAN KATEGORI
1. Audio and Video
2. CD and DVD Tools
3. Browsers and Plugins
4. File Sharing
5. Messaging and Chat
6. File Transfer
7. Office and News
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Perkembangan software dari masa ke masa selalu mengalami
peningkatan. Pada awalnya software bukanlah alat yang diciptakan untuk berbagai
kegunaan seperti yang kita amati pada zaman sekarang. Dulu software diciptakan
hanya sebagai alat untuk mempermudah dalam penghitungan atau lebih mudahnya
sebagai mesin hitung matematika. Tetapi seiring dengan perkembangan zaman
software ini terus berevolusi menjadi mesin serba guna khususnya pada bidang
industri dan penelitian.
Oleh karena itu, kata dasar software berasal dari kata
“software” yang berarti menghitung dengan kata lain komputer berati alat
penghitung. Komputer pertama kali ditemukan oleh Charles Babbage, kecerdasannya
logika matematikanya yang sangat sepesial membuatnya mampu menciptakan sebuah
mesin yang dia sebut dengan nama Analytical Engine pada tahun 1882, sebuah
mesin yang berfungsi sebagai alat perhitungan-perhitungan umum.
Diantara teknologi informasi yang hampir disetiap tempat
kita temukan software. Sekarang software sangat berkembang pesat hampir setiap
tahun software selalu mengalami perkembangan.Orang bisa menggunakan computer
dimana saja dirumah, dikafe, disekolah, dan ditempat lainnya. Sedangkan model
dan design dari software itu sendiri juga mengalami perkembangan. Dulu apabila
orang ingin menggunakan computer maka hanya bias di kantor atau dirumah, kalau
sekarang mereka bias menggunakan computer tersebut dimana saja yang mereka
inginkan.
B. SARAN
Untuk kemajuan teknologi computer maka diharapkan agar
perkembangan computer kedepan mampu mengubah pola fikir dan menjadikan
masyarakat Indonesia menjadi manusia yang kreatif dan inovatif. Serta tumbuhnya
kratifitas hingga menghasilkan suatu karya yang berguna bagi manusia.
Diharapkan dengan adanya teknologi computer dan softwarenya
dapat dimanfaat sesuai dengan kegunaan sebenarnya yang mampu mempercerdas
bangsa bukannya unutk menghancurkan moral moral bangsa.
Kemajuan computer software dimasa mendatang diharapkan dapat
membantu semua jenis pekerjaan manusia sehingga mereka mampu menyelesaikan
pekerjaan mereka dengan cepat karena dimasa depan teknologi akan semakin
canggih dan semua pekerjaan dikerjakan dengan system komputerisasi.
DAFTAR PUSTAKA
http://idkf.bogor.net/yuesbi/e-DU.KU/edukasi.net/TIK/VoIP/semua.html#
Posting Komentar